Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Kasus kematian akibat COVID-19 di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencapai 75 orang setelah terjadi penambahan dua meninggal, Sabtu ini.

Adapun rinciannya, dari 75 pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia tersebut sebanyak 20 orang di Kabupaten Sukabumi dan 55 orang di Kota Sukabumi.

"Pada Sabtu ini, jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang meninggal dunia bertambah dua orang, sehingga total menjadi 20 orang," kata Humas Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi Eneng Yulia di Sukabumi, Sabtu.

Menurutnya, dua tambahan pasien COVID-19 yang meninggal dunia tersebut berjenis kelamin wanita yakni asal Kecamatan Cibadak berusia 67 tahun dan Kecamatan Paringkuda berusia 52 tahun.

Baca juga: 52 warga Kota Sukabumi meninggal akibat COVID-19

Baca juga: Positif COVID-19 Sukabumi naik jadi 1.823


Selain terinfeksi virus mematikan ini, keduanya diketahui memiliki riwayat penyakit penyerta lainnya. Akhirnya setelah mendapatkan perawatan di ruang isolasi khusus di salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Sukabumi, keduanya akhirnya meninggal dunia.

Kedua pasien yang meninggal dunia ini dalam prosesi pengurusan jenazah hingga pemakaman sesuai protokol COVID-19. Selain, dua pasien positif yang meninggal dunia, pada Sabtu ini pasien probable COVID-19 yang meninggal bertambah satu orang sehingga jumlahnya menjadi 117 orang.

"Data yang kami terima hingga Sabtu ini, jumlah warga yang terpapar COVID-19 sebanyak 1.824 orang, sembuh 1.792 orang, 102 masih menjalani isolasi dan 20 pasien meninggal dunia," tambahnya.

Sementara, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sukabumi Wahyu Handriana mengatakan total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Sukabumi yang meninggal dunia sudah mencapai 55 orang.

Dari 55 pasien yang wafat itu, mayoritas berusia lanjut dan memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Hampir setiap hari pihaknya menerima laporan pasien COVID-19 yang sedang menjalani perawatan di ruang isolasi khusus meninggal dunia.

Penambahan pasien meninggal yang terbaru pada Jumat, (25/12). Pada hari itu, ada dua pasien yang meninggal dunia. "Hingga Sabtu ini, sudah 1.761 warga Kota Sukabumi yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dari jumlah itu sebanyak 1.206 pasien sudah sembuh, 500 masih menjalani isolasi dan 55 pasien meninggal dunia," katanya.*

Baca juga: Petugas gabungan jaring 643 pelanggar protokol kesehatan

Baca juga: Dua warga binaan Lapas Warungkiara Sukabumi positif COVID-19

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020