Benar, penerbangan kembali ada di Bandara Pusako Anak Nagari setelah tidak ada penerbangan dua tahun berturut-turut tahun 2019 dan 2020
Simpang Empat,- (ANTARA) - Bandara Pusako Anak Nagari Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat kembali melayani penumpang dan melakukan penerbangan mulai Jumat (8/1) setelah dua tahun berhenti beraktivitas.

"Benar, penerbangan kembali ada di Bandara Pusako Anak Nagari setelah tidak ada penerbangan dua tahun berturut-turut tahun 2019 dan 2020," kata Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Rizaldi didampingi Kepala Bandara Pusako Anak Nagari Eva Wardi Putra di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan penerbangan akan dilakukan pada rute Pekanbaru-Pasaman Barat dan Pasaman Barat-Pekanbaru.

Jadwal penerbangan dari Pekanbaru-Pasaman Barat pukul 09.05 WIB dan Pasaman Barat-Pekanbaru pukul 10.20 WIB.

"Untuk ongkos Pasaman Barat-Pekanbaru hanya Rp311.100 dan Pekanbaru-Pasaman Barat Rp356.100 menggunakan pesawat Susi Air," katanya.

Menurut dia, sekali penerbangan bisa membawa sebanyak 12 orang penumpang dengan anggaran subsidi pemerintah pusat.

"Akses penerbangan ini sangat bermanfaat dan mempersingkat waktu menuju Pekanbaru yang hanya 45 menit. Jika menggunakan jalur darat bisa menempuh sembilan jam perjalanan," katanya.

Eva Wardi Putra menambahkan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menyetujui penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari.

"Kita langsung menghadiri Rakortis penerbangan di Batam pada Februari 2020 lalu. Alhamdulillah membuahkan hasil dengan kembali melakukan penerbangan pada Jumat (8/1)," ujarnya.

Ia menambahkan pengoperasian bandara ini dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat hubungan masyarakat melalui transportasi udara dari Pasaman Barat menuju Pekanbaru.

"Mudah-mudahan penerbangan dapat lancar dan mempermudah masyarakat nantinya" katanya.

Bandara Pusako Anak Nagari ini, katanya, adalah suatu kebanggaan bagi Pasaman Barat karena satu-satunya kabupaten atau kota di Sumbar yang memiliki Bandara.

Baca juga: Bandara PAN Pasaman Barat masih sepi aktivitas peberbangan

Baca juga: Susi Air layani penerbangan Pasaman Barat-Padang

Baca juga: Bandara Pusako Anak Nagari ditargetkan beroperasi 2014

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021