Dinkes Tapanuli Selatan siap lakukan vaksinasi COVID-19

Dinkes Tapanuli Selatan siap lakukan vaksinasi COVID-19

Vaksin. ANTARA/HO.

Sipirok (ANTARA) - Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara siap melakukan vaksinasi COVID-19 tahap pertama terhadap tenaga kesehatan di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan dr Sri Khairunisah di Sipirok, Rabu, mengatakan, tenaga kesehatan di daerahnya sudah siap untuk divaksin COVID-19.

"Kita pada dasarnya sudah siap. Apalagi wajib. Hanya saja menunggu instruksi Provinsi Sumut," katanya.

Baca juga: Jubir Wapres: Vaksinasi serentak dilakukan setelah ada fatwa MUI

Ada seribuan jumlah nakes Tapanuli Selatan. Mulai yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah Sipirok, Puskesmas, hingga Puskesmas pembantu baik yang pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga harian lepas (THL).

"Vaksin COVID-19 untuk Tapanuli Selatan sendiri memang belum datang. Kita tunggu hasil dari BPOM-nya dan label halalnya. Intinya kita siap divaksinasi, kita tunggu saja instruksi," terangnya.

Baca juga: DPD akan pastikan pemberian vaksin COVID-19 secara gratis dan merata

Sementara Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Tapanuli Selatan Sofyan Adil menyatakan, vaksinasi tujuannya baik untuk peningkatan imun tubuh melawan serangan virus corona.

"Kita berharap vaksinasi ini nantinya dapat menghentikan penyebaran pandemi COVID-19 yang telah berdampak buruk terhadap berbagai sektor ekonomi, sosial dan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Bali targetkan proses vaksinasi COVID-19 rampung dalam sebulan

Sebagaimana dikabarkan untuk Sumatera Utara 40.000 dosis vaksin COVID-19 dari PT Biofarma telah tiba pada Selasa (5/1). Tapanuli Selatan yang masuk kategori zona rendah (kuning) menunggu kedatangan vaksin.

Sesuai rencana vaksinasi COVID-19 tahap pertama di wilayah Sumut akan dimulai 14 Januari 2021 yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan.
Pewarta : Juraidi dan Kodir
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021