Jambi (ANTARA) - Seekor Tapir (Tapirus Indicus) betina di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi yang bernama Peby tengah mengandung dengan usia kandungan 12 bulan yang bersiap untuk memasuki proses kelahiran.

"Saat usia kandungan 14 bulan, Tapir siap untuk melahirkan, artinya dua bulan lagi Peby akan memasuki masa melahirkan dan saat ini kita lakukan persiapan untuk proses kelahiran," kata Kepala Seksi Tata Usaha UPTD Kebun Binatang Taman Rimba Jambi Kamarul Jaman di Jambi, Senin.

Persiapan menjelang kelahiran yang dilakukan pihak Kebun Binatang lebih kepada menjaga kesehatan Tapir dan menjaga tidak stres sehingga saat memasuki usia kelahiran Peby dalam kondisi prima dan sehat.

Kelahiran anak Tapir tersebut nantinya akan menambah koleksi Tapir di Taman Rimba Jambi menjadi tujuh ekor. Dimana saat ini sudah terdapat enam ekor koleksi Tapir di Taman Rimba Jambi.

Baca juga: Keeper Taman rimba kembangbiakkan tapir dari pengalaman pelihara sapi

Baca juga: Koleksi tapir Taman Rimba Jambi bertambah


Dua ekor Tapir Jantan dewasa, tiga ekor Tapir betina dewasa dan satu ekor anak Tapir Jantan.

"Harapan kita, Peby dapat melahirkan anaknya dengan selamat, sehingga kita berhasil melahirkan dua anak Tapir dengan selamat," kata Kamarul Jaman.

Sebelumnya, pada September 2020 seekor Tapir Betina dewasa yang bernama Kasih telah melahirkan seekor anak tapir jantan dengan selamat.

Kelahiran anak Tapir tersebut merupakan prestasi luar biasa untuk Tama Rimba Jambi karena sebelumnya anak Tapir yang lahir tidak ada yang selamat. Sebelum menginjak usia tujuh hari sebelumnya anak Tapir yang dilahirkan di Kebun Binatang tersebut selalu mati.*

Baca juga: Seekor tapir terjerat di Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Baca juga: Habitat terbakar, BBKSDA Riau selamatkan tapir yang terjerat

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021