5.480 dosis vaksin COVID-19 tiba di Kalsel

5.480 dosis vaksin COVID-19 tiba di Kalsel

Anggota Satuan Brimob Polda Kalsel mengamankan kedatangan vaksin COVID-19 di Kalsel. ANTARA/Firman/am.

Banjarbaru (ANTARA) - Sebanyak 5.480 dosis vaksin COVID-19 tiba di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Selasa siang yang merupakan pengiriman tahap kedua setelah sebelumnya 25 ribu dosis vaksin berjenis Sinovac pada 5 Januari lalu.

"Kami lakukan pengamanan maksimal dalam mengawal kedatangan vaksin hari ini," terang Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i di Banjarmasin, Selasa.

Vaksin yang disimpan dalam 3 koli itu langsung dibawa ke Gedung Instalasi Gudang Farmasi dan Kelengkapan Kesehatan Jalan Ahmad Yani Km 22 Banjarbaru sesaat setelah tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin.

Baca juga: Polda Kalsel kawal vaksinasi sampai tahap penyuntikan di Puskesmas

Baca juga: Aparat jaga tempat penyimpanan vaksin COVID-19 di Kalsel


Menurut Rifa’i, Polda Kalsel melakukan pengamanan 1x24 jam di gudang penyimpanan vaksin tersebut. Setiap tim yang berjaga terdiri dari enam personel Satuan Brimob, empat anggota Direktorat Samapta dan tiga anggota Polres Banjarbaru.

Selanjutnya, dalam proses distribusi vaksin ke kabupaten dan kota hingga tahapan penyuntikan vaksinasi ke masyarakat di puskesmas, polisi mengawal agar pelaksanaannya berjalan aman dan lancar.
Anggota Satuan Brimob Polda Kalsel mengamankan kedatangan vaksin COVID-19 di Kalsel. (ANTARA/Firman)


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Muslim mengatakan distribusi tahap pertama ke wilayah dimulai hari ini dengan tiga daerah, yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

"Berdasarkan arahan Dirjen P2P, distribusi vaksin diprioritaskan pada ibu kota provinsi dan daerah penyangganya dulu," tuturnya.

Baca juga: Polda Kalsel amankan kedatangan 25 ribu dosis vaksin COVID-19

Vaksinasi dimulai 14 Januari 2021 terhadap sasaran prioritas, seperti tenaga kesehatan dan ditandai penyuntikan kepada pimpinan daerah, forkopimda serta tokoh masyarakat.
Pewarta : Firman
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021