Jakarta (ANTARA) - Sebanyak lima berita ekonomi yang disiarkan Kantor Berita Antara pada Jumat (15/1/2021) masih menarik untuk dibaca kembali menemani akhir pekan ini.


Jokowi: Vaksinasi adalah "game changer", kunci yang menentukan

Presiden RI Joko Widodo menuturkan program vaksinasi adalah sebuah “game changer” untuk mengendalikan pandemi COVID-19 dan menjadi kunci yang menentukan pulihnya kehidupan masyarakat termasuk aspek perekonomian.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi yang hadir secara virtual di Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2021, Jakarta, Jumat.

“Pengendalian pandemi terutama melalui vaksinasi adalah game changer, adalah kunci yang sangat menentukan agar masyarakat bisa bekerja kembali, anak-anak kita bisa belajar di sekolah lagi, dan agar kita bisa kembali beribadah dengan tenang, dan juga agar perekonomian nasional kita bisa segera bangkit,” kata Presiden Jokowi.

Baca selengkapnya di sini


Presiden Jokowi: Pengawasan OJK jangan mandul, harus keluar taringnya

Presiden RI Joko Widodo meminta Otoritas Jasa Keuangan jangan sampai “mandul” dan “masuk angin” serta harus mengeluarkan taringnya dalam mengawasi industri jasa keuangan.

“Transaksi keuangan yang menjurus ke fraud harus ditindak tegas. Pengawasan OJK juga tidak boleh mandul, tidak boleh masuk angin, harus mengeluarkan taringnya, dan menjaga kredibilitas dan integritas. Ini sangat penting,” kata Presiden Jokowi secara virtual dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2021 di Jakarta, Jumat malam.

Baca selengkapnya di sini


Kemenkeu perpanjang insentif pajak hingga akhir 2021

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Hestu Yoga Saksama memaparkan berbagai insentif pajak dalam rangka penanganan COVID-19 yang diperpanjang hingga 30 Juni 2021 dan 31 Desember 2021.

“Terdapat perubahan ketentuan jenis barang kena pajak yang memperoleh fasilitas pajak dan pihak yang memberikan rekomendasi pemberian insentif pajak kepada industri farmasi produksi vaksin atau obat,” katanya di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini


Presiden Jokowi minta sektor konstruksi berikan daya ungkit ekonomi

Presiden Joko Widodo minta agar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat menggerakkan sektor konstruksi nasional demi mengungkit perekonomian Indonesia pada tahun ini.

"Saya ingin mengingatkan seluruh jajaran di Kementerian PUPR agar anggaran yang besar ini harus memiliki dampak signifikan yang memberikan daya ungkit pada perekonomian kita, membuat sektor konstruksi nasional bergeliat kembali," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresiden Bogor, Jumat, dalam acara "Penandatanganan Kontrak Paket Tender/Seleksi Dini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2021" yang digelar secara virtual.

Baca selengkapnya di sini


Tarif Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang naik mulai 17 Januari

Dua ruas tol yang dimiliki PT Waskita Toll Road yakni ruas Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang akan mengalami penyesuaian atau kenaikan tarif secara serentak pada 17 Januari 2021 pukul 00.00 WIB.

Penetapan penyesuaian tarif itu berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dirilis 2020 lalu.

"Penyesuaian tarif ini merupakan penundaan karena Kepmen tersebut telah ditetapkan sejak tahun 2020 dan baru direalisasikan pada awal tahun 2021 ini," kata Direktur Utama Waskita Toll Road Herwidiakto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021