Tarakan, Kaltara (ANTARA) - Kasus pasien positif COVID-19 bertambah 80 orang di Tarakan Provinsi Kalimantan Utara, sehingga jumlah kumulatif kasus konfirmasi positif sebanyak 3.176 orang.

"Sedangkan kasus pasien yang sembuh bertambah 51 orang, sehingga jumlah pasien sembuh sebanyak 1.791 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tarakan Devi Ika Indriarti di Tarakan, Selasa.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 8.013, yang positif 10.365

Kemudian jumlah kasus konfirmasi meninggal dunia sebanyak 45 orang dan jumlah kasus probable meninggal dunia satu orang. Saat ini, jumlah pasien COVID-19 yang dirawat sebanyak 1.340 orang.

Kasus suspek yang dipantau di Tarakan saat ini sebanyak 305 orang, yakni orang yang dengan gejala ISPA.

Baca juga: Dinkes: Sudah 650 tenaga kesehatan Kabupaten Bogor positif COVID-19

“Dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal,” kata Devi.

Orang dengan salah satu gejala ISPA dan 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19, orang dengan ISPA berat atau pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 Lampung bertambah 85 orang total 8.228 kasus

“Jumlah seluruh kontak erat yang sedang dipantau yang saat ini sebanyak 2.138 orang. Kontak erat adalah orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi COVID-19,” katanya.

Devi juga mengimbau kepada masyarakat Tarakan agar terus memberikan dukungan moral terhadap pasien ataupun keluarga kasus suspek, kasus probable, kontak erat dan kasus konfirmasi.
 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021