Jayapura (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) memperluas pemerataan akses internet di Papua melalui layanan "IndiHome Wonderful Papua" untuk mendukung aktivitas, kreativitas,dan produktivitas, khususnya masyarakat Papua.

Program IndiHome Wonderful Papua diawali dengan peresmian 10 Wifi Corner (WiCo) di beberapa kota di Papua, diantaranya Merauke, Wamena, Mimika, Raja Ampat, Sorong,dan Manokwari.

"Kehadiran Wifi Corner di Papua merupakan bagian dari komitmen Telkom untuk mewujudkan pemerataan akses internet di seluruh Indonesia sehingga masyarakat Papua juga bisa merasakan kelancaran internet seperti kota-kota besar di luar Papua," kata Direktur Consumer service PT Telkom FM Venusiana R, di Papua, Kamis.

Peresmian peluncuran layanan Indihome Wonderful Papua dihadiri Wagub Papua Klemen Tinal dan Forkompinda serta Pengiat Sosial Budaya Papua Yakoba Womsiwor berlangsung di Kota Jayapura, Kamis.

Sementara itu, Pengiat Sosial Budaya Papua Yakoba Womsiwor mengatakan,kehadiran Indihome Wonderful Papua ini bisa mengangkat kreativitas anak bangsa Indonesia di tanah Papua.

Yakob Womsowor berharap, dengan ragam bakat dan potensi yang membanggakan Indonesia salah satunya adalah kemampuan di bidang seni tarik suara, musik, kerajinan tangan, membatik, terus bidang fotografi, audio visual yang menjadi dasar program kita dan Nada Papua.

"Bersamaan Indihome kompetisi program cover song competition khusus masyarakat Papua dan itu dibuka mulai dari tanggal 18 Maret sampai dengan 10 April 2021,"ujarnya.

Yakoba mengucapkan terima kasih kepada PT Telkom Indonesia yang memberikan kepercayaan penuh untuk menyelenggarakan beberapa kegiatan yang bermanfaat sekali untuk diselenggarakan selama dua hari di Kota Jayapura.

"Saya mewakili teman-teman semua mau menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan PT Telkom Indonesia menyelenggarakan dua kegiatan besar yaitu dengan peresmian WIFI corner di 10 kota di Papua dan hari Kamis 18 Maret 2021 melakukan acara launching Indihome Wonderful Papua di Swis bell Hotel,”ucapnya.

Yakoba berharap mari kita bersama-sama terus bekerja sama dalam upaya menjadikan Papua dan Indonesia akan lebih maju.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengatakan, Pemprov Papua siap memberi dukungan penuh untuk penyelenggaraan kegiatan Indihome Wonderpul Papua dan peresmian wifi corner diselenggarakan PT Telkom Indonesia dengan melibatkan pengiat sosial budaya Papua.

"Kami pemerintah Provinsi Papua mengapresiasi kepada Telkom Indonesia yang sekarang ini dapat memberikan peluang besar bagi masyarakat Papua. Saya harapkan,masyarakat Papua harus menerima peluang yang sudah diberikan Indihome,” kata Wagub Papua.

Klemen Tinal berharap agar masyarakat Papua harus bisa seperti masyarakat Indonesia yang lain di luar Papua di bidang marketing produk masyarakat dan perlu meningkatkan kualitas produk lokal yang lebih layak untuk dikonsumsi.

"Semoga kehadiran Indihome Wonderful di Papua diharapkan dapat menjadi semangat baru untuk masyarakat Papua yang lebih baik karena market mereka sekarang ada di dunia dan itu pun diperlukan yang namanya jaringan internet. Jadi saya berharap dengan demikian visi Indonesia maju itu dapat terwujud,"harapnya.

Kegiatan Launching Indihome Wonderpul Papua diisi dengan webinar fotografi wonderful Papua bersama Indihome yaitu Aditya Key dan Sony Wanda yang membahas visualisasi kebudayaan dan keindahan alam Indonesia dalam lensa kamera.

Berbagai komunitas di Papua mempresentasikan hasil-hasil karya mereka melalui website apalagi di bidang foto dan videografi untuk menunjukkan keindahan alam Papua dan keragaman budaya Papua via website yang sudah disediakan PT Telkom Indonesia.
Baca juga: Perkuat sektor wisata, Telkom jalin sinergi dengan 7 BUMN pariwisata
Baca juga: Telkom buka ruang eksplorasi bisnis digital bagi generasi muda
Baca juga: Telkom bukukan laba bersih Rp5,86 triliun pada kuartal pertama 2020

 

Pewarta: Miki Wuka
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021