hampir 8 tahun tanpa kecelakaan kerja
Surabaya (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) meraih penghargaan nihil kecelakaan kerja dari Pemprov Jatim, karena dalam melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mencapai 7.100.339 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja, mulai dari 1 November 2012 hingga 31 Oktober 2020 atau hampir 8 tahun.
 

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III, Edi Priyanto di Surabaya, Rabu mengatakan penghargaan zero accident ini sebagai pelecut semangat perusahaan untuk terus mengimplementasikan budaya K3 dan Sistem Manajemen K3 di wilayah kerja Pelindo III.

Baca juga: Gubernur Jatim harapkan COVID-19 jadi momentum penerapan K3

Baca juga: Pelindo III Grup raih penghargaan K3 2020

 

"Ini merupakan sebuah kebanggaan yang harus disyukuri mengingat 7.100.339 jam kerja orang atau hampir 8 tahun tanpa kecelakaan kerja bukanlah hal yang mudah. Semua dapat diraih karena insan Pelindo III yang berupaya dan kerja keras dalam melaksanakan budaya K3 hingga mendapatkan penghargaan ini, tentunya ini menjadi pelecut semangat kami ke depan," kata Edi, menjelaskan.
 

Sebelumnya, dalam hal menunjang Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) Pelindo III juga menerima penghargaan Paritrana Award atau anugerah penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan 2019 oleh BPJS Ketenagakerjaan dan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin.
 

Pelindo III dinilai layak menerima penghargaan tersebut karena memenuhi beberapa indikasi penilaian di antaranya kepatuhan penyelenggaraan jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh pegawai hingga mitra kerja sebagai syarat kerja sama, hingga penyediaan trauma center bagi pegawai dan beberapa penilaian lainnya.
 

Sementara penghargaan diberikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto, dalam acara malam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun 2020 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
 

Khofifah memberikan apresiasi kepada pihak-pihak khususnya perusahaan yang telah berhasil mengimplementasikan budaya K3/SMK3 sehingga tercapai nihil kecelakaan kerja (zero accident) di wilayah kerja masing-masing.
 

"Saya berterima kasih kepada para pelaku dunia usaha yang melakukan ikhtiar luar biasa dalam hal Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), ada di bidang zero accident, managerial skill, dan pencegahan HIV/AIDS di lingkungan kerja," kata Khofifah.

Baca juga: BSN tetapkan SNI untuk K3 selama pandemi COVID-19

Baca juga: Terapkan K3 dengan baik, Pelindo III sabet 7 penghargaan

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021