Sekarang harga kembang mahal kalau mau ziarah
Jakarta (ANTARA) - Pedagang bunga di  Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa meraup untung, menyusul ramainya peziarah ke kawasan itu saat menjelang Ramadhan tahun ini.

"Sekarang ada peningkatan (omzet) hampir 50 persen, tidak terlalu tinggi," ujar salah satu pedagang bunga di TPU Pondok Kelapa, Adit, di Jakarta Timur, Sabtu.

Adit yang telah 15 tahun berjualan bunga untuk ziarah di TPU Pondok Kelapa itu mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang karena saat ini, berziarah sudah diizinkan oleh pengelola TPU.

"Alhamdulillah tahun ini, ramai dibandingkan tahun kemarin yang awal COVID-19," kata Adit.
 
Meski keuntungan yang diperolehnya tidak sebanyak sebelumnya ketika pandemi belum menerpa, namun ia tetap bersyukur dagangannya diserbu peziarah.

Baca juga: TPU Pondok Kelapa ramai didatangi peziarah jelang Ramadhan

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Lisna, pedagang bunga lainnya di TPU Pondok Kelapa yang mengaku bahagia karena dapat kembali bisa berjualan lagi jelang Ramadhan.

"Tahun kemarin tidak bisa jualan. Tidak boleh ada ziarah. Sekarang, Alhamdulillah sudah dibuka," kata Lisna.

Dia mengatakan bahwa dalam sehari dirinya mampu menjual sebanyak 19 kantong bunga tabur dengan keuntungan mencapai kurang lebih Rp2 juta.

"Sekarang harga kembang mahal kalau mau ziarah," ujarnya.

Lisna menambahkan bahwa para peziarah di TPU Pondok Kelapa biasanya mulai ramai seminggu menjelang bulan Ramadhan dan juga seminggu jelang Lebaran.

Baca juga: Peziarah TPU Pondok Kelapa dibatasi maksimal lima orang

"Jelang Lebaran ke sini lagi. Biasanya tiga hari sebelum Lebaran," imbuhnya.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021