Pemkab Serdang Bedagai resmikan Kampung Ramadhan

Pemkab Serdang Bedagai resmikan Kampung Ramadhan

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya saat meresmikan Kampung Ramadan. ANTARA/Juraidi/am.

Seirampah, Sumut (ANTARA) - Pemkab Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara membuka Kampung Ramadhan yang dipusatkan di Kompleks Masjid Agung Sei Rampah sebagai salah satu upaya memeriahkan bulan puasa sekaligus mengangkat potensi UMKM di daerah itu.

"Kampung Ramadhan itu bertujuan untuk membantu mempromosikan UMKM dan dikemas dalam stand-stand yang terlihat lebih menarik," kata Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya di Seirampah, Rabu.

Baca juga: Wako Pontianak: Puasa Ramadhan momentum ujian kesabaran

Dengan mengusung tema "Melalui kegiatan Kampung Ramadhan kita ciptakan UMKM yang berkualitas dan berdaya saing menuju Serdang Bedagai yang Mandiri, Sejahtera dan Religius" kegiatan itu menampilkan beragam jenis makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

"Semua ini diambil dari beberapa desa-desa yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dan merupakan ciri khas dari kabupaten ini," katanya.

Baca juga: Pontianak bolehkan permainan meriam karbit di bulan Ramadhan

Sebelumnya, Asisten Pemum Kesra Hj Nina Deliana mengatakan terdapat tiga tujuan yang menjadi dasar adanya Kampung Ramadan itu yakni meningkatkan perekonomian UMKM Serdang Bedagai di masa pandemi COVID-19.

Memperkenalkan produk khas daerah Sergai dan meningkatkan nilai religiusitas masyarakat Serdang Bedagai.

Baca juga: Selama Ramadhan-Idul Fitri, BI siapkan uang kartal Rp152 triliun

Rencananya Kampung Ramadhan ini akan dilaksanakan hingga 12 Mei mendatang. Di dalamnya ada 30 stand yang diisi oleh perwakilan UMKM dari seluruh kecamatan yaitu sebanyak 17 kecamatan.

"Kami berharap kegiatan ini selain memeriahkan suasana Bulan Suci Ramadhan juga di saat yang sama memberdayakan UMKM lokal Serdang Bedagai," katanya.
Pewarta : Juraidi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021