Kini sudah berhasil dijangkau
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef Nae Soi menyampaikan seluruh desa terdampak bencana telah terjangkau Satgas Tanggap Darurat Bencana Siklon Seroja NTT.

"Semua desa yang terkena dampak bencana sudah terjangkau oleh satgas," ujar Josef Nae Soi dalam konferensi pers daring tanggap darurat bencana Siklon Tropis Seroja yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan pendistribusian logistik tanggap darurat terus berlangsung baik melalui darat maupun udara.

Terkait korban jiwa, lanjut dia, hingga Kamis tidak ada penambahan jumlah korban hilang maupun korban meninggal dunia.

"Sampai hari ini 181 orang meninggal dan 47 masih hilang," ucapnya.

Wagub NTT juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya fokus pada pemulihan SDM dengan melihat tokoh-tokoh agama untuk membantu pemulihan psikologi korban, terutama trauma healing bagi anak-anak korban bencana.

Terkait infrastruktur, disampaikan, perbaikan jalan dan jembatan terus dilakukan bersama TNI-Polri dan Kementerian PUPR.

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati menyampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Dr. (H. C.) Doni Monardo telah menginstruksikan pengerahan moda transportasi berupa helikopter untuk menyalurkan bantuan logistik ke sejumlah desa terisolir pascabanjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: Listrik dan jaringan komunikasi mulai pulih di NTT

Baca juga: Wagub NTT: Tidak ada lagi desa terisolir dan tak terjangkau satgas


Total ada enam helikopter yang sudah dikerahkan BNPB untuk menangani dampak banjir bandang, guna percepatan penanganan bencana tersebut di NTT.

Helikopter milik BNPB berjenis Kamov PK IKR berhasil mendaratkan bantuan dengan berat total lima ton dalam satu sortie dengan menggunakan teknik sling load atau menggantungkan bantuan dengan tali sepanjang beberapa meter.

"Beberapa desa yang sempat terisolir di sekitar wilayah Lembata, Alor, Pantar, dan Adonara kini sudah berhasil dijangkau," katanya.

Ia menambahkan operasi udara ini didukung penuh oleh Satuan Tugas TNI AU yang juga memfasilitasi pengiriman bantuan dari pihak donatur maupun relawan medis ke wilayah-wilayah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat.

"Dengan menjaga sinergitas ini, diharapkan percepatan penanganan banjir bandang bisa dilakukan dengan baik dan tepat," katanya.

Baca juga: Helikopter dioptimalkan salurkan bantuan ke tempat terisolir di NTT

Baca juga: BNPB kerahkan heli, salurkan logistik ke desa terisolir di NTT

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021