Kominfo umumkan evaluasi Seleksi Pengguna Pita Frekuensi 2,3GHz

Kominfo umumkan evaluasi Seleksi Pengguna Pita Frekuensi 2,3GHz

Optimalisasi Frekuensi 2,3 GHz_1 sd 7: Telkomsel resmi ditunjuk sebagai salah satu peserta lolos Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz pada Rentang 2360–2390 MHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler yang digelar oleh Kemkominfo dan telah memilih alokasi blok C. Tambahan spektrum akan dimanfaatkan untuk memperkuat pengembangan layanan broadband terkini 4G LTE dengan memaksimalkan kapasitas dan kualitas jaringan broadband bagi pelanggan hingga pelosok Indonesia, serta melanjutkan pengembangan implementasi teknologi jaringan terbaru 5G yang segera akan diterapkan di Indonesia. ANTARA/telkomsel.com

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan hasil evaluasi administrasi Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021.

Melalui keterangan persnya pada Jumat, Kominfo mengatakan bahwa PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Tbk (Indosat), PT Smart Telecom (Smartfren), PT Hutchison 3 Indonesia (3), dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sebagai Penyelenggara Jaringan Bergerak Seluler yang telah melakukan pendaftaran sebagai Calon Peserta Seleksi dengan mengambil Dokumen Seleksi pada Rabu, 17 Maret 2021 diurut berdasarkan waktu pengambilan Dokumen Seleksi.

Selanjutnya pada hari Rabu, 14 April 2021, dari kelima Calon Peserta Seleksi yang telah mengambil Dokumen Seleksi, terdapat tiga Calon Peserta Seleksi yang menyerahkan Dokumen Permohonan Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021.

Ketiga Calon Peserta Seleksi sebagaimana dimaksud dinyatakan sebagai Peserta Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021 diurut berdasarkan waktu adalah PT Telekomunikasi Selular, PT XL Axiata Tbk, dan PT Smart Telecom.

Baca juga: Kominfo soroti lima aspek untuk mendukung 5G

Baca juga: Indonesia akan butuh semua lapisan spektrum frekuensi untuk 5G


Pada hari yang sama pula, Tim Seleksi telah melaksanakan Pemeriksaan Kelengkapan Dokumen Permohonan Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021 yang dihadiri oleh perwakilan dari Peserta Seleksi sebagai saksi. Selanjutnya, Tim Seleksi telah melakukan Verifikasi Dokumen Administrasi pada tanggal 15 April 2021.

Berdasarkan hasil Evaluasi Administrasi yang meliputi Pemeriksaan Kelengkapan Dokumen Permohonan dan Verifikasi Dokumen Administrasi, hasil tahapan Evaluasi Administrasi adalah Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren lulus Evaluasi Administrasi Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021.

Selanjutnya, tidak ada Peserta Seleksi yang tidak lulus Evaluasi Administrasi Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021.

Sesuai ketentuan angka 4.8.3 dalam dokumen Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021 maka peserta seleksi yang lulus tahapan evaluasi administrasi akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tahapan lelang harga dalam Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021.

Tahapan lelang harga dimaksud akan dimulai pada hari Senin tanggal 19 April 2021.

Baca juga: Sembilan stasiun TV lolos seleksi awal penyelenggara multipleksing

Baca juga: Indonesia bahas teknologi 5G dengan Uni Eropa

Baca juga: Kominfo uji coba SMS dan siaran kebencanaan
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021