London (ANTARA News) - Penyanyi dan presenter televisi Inggris, Cheryl Cole (27), terserang malaria dan kini dirawat di rumah sakit, demikian dilansir salah seorang juru bicaranya di London, Inggris, Selasa.

Juri acara TV X-Factor dan juga personil Girls Aloud ini, dilarikan ke rumah sakit setelah jatuh pingsan ketika pemotretan akhir pekan lalu.

Senin (5/7), Cole yang kembali mendapat predikat wanita terseksi 2010 versi majalah FHM itu dipastikan membatalkan seluruh kontrak kerjanya seminggu ini atas anjuran dokter.

Aktris yang selalu tampil modis ini baru saja kembali dari berlibur di Tanzania, di pantai timur Afrika, bersama kekasih yang juga penari latarnya, Derek Hough.

Juru bicaranya mengungkapkan bahwa Cole telah mengonsumsi obat anti malaria ketika bepergian ke Afrika.

Gigitan Nyamuk
Cole pingsan saat sesi pemotretan untuk album solo-nya yang kedua pada Sabtu (3/7) pekan lalu, diduga karena kelelahan dan menderita radang lambung (gastroenteritis), seperti dikutip surat kabar Inggris, The Sun.

Gejala awal malaria meliputi sakit kepala, otot kejang, dan kondisi tubuh yang melemah. Gejala tersebut juga menyerupai gejala kelelahan atau flu, sehingga sebagian orang acuh tak acuh.

Malaria ditularkan melalui gigitan nyamuk dan hanya dengan sekali gigitan, virus malaria menyerang.

"Jangan buru-buru kembali. Istirahatlah hingga benar-benar pulih. Kesehatan itu sangat penting," pesan Simon Cowell, rekan sesama juri di X-Factor.

Juru bicara acara TV X-Factor menyatakan bahwa audisi di Manchester akan tetap berjalan sesuai rencana semula pada Jumat (9/7) esok, dengan para juri; Simon Cowell, Louis Walsh, dan Nicole Scherzinger, yang menggantikan Dannii Minogue karena cuti hamil.

Cole, bersama selebriti lainnya, mendaki Gunung Kilimanjaro untuk acara amal Maret tahun lalu.

Kelompok tersebut berhasil mengumpulkan 3,5 juta pound untuk Badan Amal Inggris "Comic Relief" bagi kesejahteraan di Afrika dan Inggris.

Tahun penuh gejolak
Sebagian dana yang terkumpul digunakan untuk membantu mengatasi penyakit malaria. Di afrika, satu dari lima kematian anak disebabkan oleh penyakit endemi tersebut.

Eksekutif Comic Relief, Kevin Cahill mengatakan bahwa tertularnya Cole atas penyakit malaria tersebut tidak adil mengingat jasanya dalam membantu memerangi penyakit berbahaya itu.

"Kami sangat menyesal mendengar berita Cheryl  terserang malaria, dan kami harap semoga ia lekas sembuh," tambahnya.

"Cheryl telah melakukan hal luar biasa dengan mendaki Kilimanjaro tahun lalu dan mengumpulkan jutaan pound untuk membeli kelambu bagi ribuan keluarga dan anak-anak di Afrika," lanjutnya.

Penyakit ini semakin menambah daftar "sialnya"  pada tahun yang penuh gejolak ini. Tahun ini pula pada Februari lalu, Cole berpisah dari suaminya yang seorang pemain bola Inggris, Ashley Cole, dan mengajukan gugatan cerai tiga bulan kemudian.

Sejak saat itu, wanita kelahiran Newcastle tersebut menyibukkan diri dengan serangkaian tur promo album solo-nya, bekerja sama dengan grup hip-hop Black Eyed Peas, dan terakhir rekaman album keduanya.

Girls Aloud, grup musik tempat Cole bernaung juga dijadwalkan untuk manggung di V-Festival Agustus mendatang.
(m-ela/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010