Setiap perempuan harus diberikan kesempatan jika ingin mengenyam pendidikan lebih tinggi.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan pentingnya dukungan semua pihak dalam mendorong perempuan untuk mengembangkan diri sesuai dengan pilihannya sendiri seperti yang dicontohkan oleh Raden Ajeng Kartini.

"Apapun profesi dan karir yang menjadi pilihan perempuan, mereka harus mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitarnya, terutama keluarga. Baik perempuan yang berkarir di ranah publik maupun ibu rumah tangga, mereka berhak akan persamaan kedudukan, kesetaraan, serta kesempatan untuk terus mengembangkan potensi dirinya," kata Menteri Bintang melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Menteri menegaskan semua perempuan memiliki kesempatan yang setara untuk mewujudkannya impiannya.

Baca juga: Menteri PPPA: Perlu sinergi banyak pihak capai kesetaraan gender

"Setiap perempuan harus diberikan kesempatan jika ingin mengenyam pendidikan lebih tinggi. Perempuan karir harus diberi kesempatan jika ingin bertugas di luar daerahnya. Perempuan kepala keluarga harus mendapatkan dukungan dari lingkungannya untuk menjadi tulang punggung keluarga. Begitu juga perempuan pengusaha, mereka harus diberikan akses dan kesempatan terhadap bantuan finansial, hingga penggunaan teknologi di era digital," ujarnya.

Bintang menegaskan perempuan adalah penopang hidup bangsa di berbagai sektor, di antaranya di keluarga, perempuan berperan sebagai manajer keluarga, di sektor ekonomi, perempuan merupakan setengah dari potensi sumber daya manusia, di sektor sosial, perempuan memiliki sensitivitas dan potensi luar biasa dalam menanggulangi berbagai masalah sosial, seperti konflik atau bencana, dan di sektor politik, keterwakilan perempuan membuat keputusan yang dihasilkan bersifat inklusif dan setara.

"Para perempuan Indonesia, marilah kita gelorakan perjuangan dan semangat RA Kartini, untuk menjadi perempuan yang cerdas, mandiri, berdedikasi, dan tangguh untuk menuju kesetaraan dimanapun kita berada," kata menteri.

Baca juga: Menteri PPPA harapkan Ruang Rindu Banyuwangi jadi percontohan

Senada dengan Menteri Bintang, Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) Giwo Rubianto Wiyogo menuturkan perempuan memiliki hak untuk menimba ilmu, mendapatkan kebebasan berpikir, memperoleh kesetaraan untuk menentukan nasibnya dan hidup mandiri.

“Di masa pandemi, dengan ruang terbatas ini, kita terpaksa harus mengurangi mobilitas, tapi pemikiran kita tentunya tidak boleh terbatas dan harus terus berkembang maju. Perempuan sebagai Ibu bangsa merupakan garda terdepan dalam meningkatkan literasi masyarakat khususnya bagi sesama perempuan. Perempuan sebagai Ibu bangsa juga berperan penting dalam menumbuhkan generasi baru yang berakhlak mulia di masa depan menuju Indonesia Maju,” tegas Giwo.

Baca juga: Menteri PPPA dukung aplikasi Ruang Rindu untuk kesetaraan gender
 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021