Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan pemerintah menyimpulkan penyelenggaraan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 berjalan sukses.

"Berdasarkan hasil evaluasi, kami menegaskan Piala Menpora 2021 berjalan aman, tertib dan mampu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Kesimpulannya, sukses untuk penyelenggaraan," kata Zainudin di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa.

Zainudin menegaskan tidak ada masalah serius selama kompetisi yang bergulir pada 21 Maret-25 April itu.

Kejadian kerumunan suporter Persija di Jakarta dan dugaan perusakan oleh pendukung Persib di Bandung setelah partai final Piala Menpora dua hari lalu tidak dilihat sebagai kecacatan dalam pelaksanaan karena terjadi setelah final.

Dia mengajak semua pihak  melihat peristiwa itu secara objektif dan tidak dicampuradukkan dengan penyelenggaraan Piala Menpora 2021.

"Kejadian itu muncul setelah turnamen ditutup dan saat ini kasusnya sedang ditangani oleh Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat dan Mabes Polri," kata Zainudin.

Baca juga: Polri tunggu langkah nyata PSSI soal suporter

Polri yang diwakili Asops Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto juga menganggap Piala Menpora berjalan baik dan menjadi modal bagus untuk penyelenggaraan kegiatan sejenis berikutnya.

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19 Brigjen TNI (Purn.) Alexander Ginting pun menilai Piala Menpora 2021 berlangsung baik.

Menanggapi penilaian-penilaian bagus itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berterima kasih kepada semua pihak termasuk Presiden Joko Widodo.

Iriawan menyebutkan  PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai penyelenggara memang terus bekerja keras agar turnamen berjalan sesuai rencana.

"Kami betul-betul taat, menjaga protokol kesehatan hingga semua berjalan lancar, aman, tepat waktu sampai final. Tidak ada penyebaran COVID-19 selama turnamen. Itu komitmen kami kepada pemerintah dan 'stakeholder' lain," kata Iriawan.

Piala Menpora 2021 adalah turnamen sepak bola profesional pertama di Indonesia yang bergulir dengan protokol kesehatan saat pandemi COVID-19.

Kompetisi yang diikuti 17 tim Liga 1 itu ditutup 25 April 2021 di Solo dengan Persija keluar sebagai juara.

Baca juga: Piala Menpora 2021, menembus pandemi demi prestasi sepak bola negeri

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021