Kedua kereta itu kembali beroperasi pada bulan Ramadhan, meskipun tidak setiap hari dan pada hari tertentu saja
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur mengoperasikan kembali KA Wijayakusuma dengan rute Ketapang-Cilacap dan KA Mutiara Timur dengan rute Ketapang-Yogyakarta menjelang Lebaran 2021.

"Kedua kereta itu kembali beroperasi pada bulan Ramadhan, meskipun tidak setiap hari dan pada hari tertentu saja," kata Vice President KAI Daop 9 Broer Rizal di Kabupaten Jember, Selasa.

KA Wijayakusuma beroperasi pada akhir pekan minggu keempat April dan awal Mei 2021 yakni pada 29-30 April 2021, serta 1-5 Mei 2021, kemudian KA Mutiara Timur beroperasi pada 1-5 Mei 2021.

Menurut di, pihaknya saat ini masih melayani penjualan tiket hingga 5 Mei 2021, kemudian dilanjutkan lagi pada 18 - 31 Mei 2021 karena KAI Daop 9 tentu akan mematuhi dan mendukung seluruh kebijakan pemerintah termasuk larangan mudik.

"Selama beroperasi, para petugas KAI Daop 9 Jember selalu memantau penerapan protokol kesehatan para penumpang dan sering kali ditemui penggunaan masker yang masih tidak menutupi hidung dan mulut, serta protokol physical distancing yang diabaikan," katanya.

Ia menjelaskan para petugas tidak henti-hentinya akan mengingatkan para penumpang, namun jika mereka dengan sengaja mengabaikan, maka dengan tegas akan diturunkan di stasiun terdekat atau dilarang menggunakan kereta api saat bepergian.

"Kami mengimbau penumpang yang menggunakan angkutan kereta api untuk mematuhi ketentuan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona," katanya.

KA Wijayakusuma berangkat dari Stasiun Ketapang Banyuwangi pukul 11.30 WIB dan tiba di Cilacap pada pukul 02.15 WIB, sedangkan berangkat dari Cilacap pukul 15.30 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pada pukul 05.45 WIB.

KA Mutiara Timur berangkat dari Stasiun Ketapang Banyuwangi pukul 17.30 WIB dan tiba di Yogyakarta pada pukul 5.35 WIB, sebaliknya berangkat dari Stasiun Yogyakarta pukul 20.05 WIB dan tiba di Ketapang pukul 7.30 WIB.

Baca juga: Empat KA jarak jauh di Daop Jember akan dioperasikan kembali

Baca juga: 33.791 tiket kereta api di Jember dibatalkan akibat pandemi COVID-19

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021