Shesar terpaksa batal puasa karena beratnya porsi latihan

Shesar terpaksa batal puasa karena beratnya porsi latihan

Pebulu tangkis tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito menjalani tes kesehatan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur. ANTARA/HO-PP PBSI/am.

Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis nasional Shesar Hiren Rhustavito menceritakan bahwa ia terpaksa membatalkan puasa selama beberapa hari karena menjalani porsi latihan yang semakin intensif menjelang turnamen Spain Masters 2021 pada 18-23 Mei.

Dalam bincang virtual yang berlangsung di Jakarta, Kamis, pebulu tangkis yang akrab disapa Vito itu mengaku bahwa Ramadhan tahun ini cukup sulit karena di saat yang sama ada program latihan khusus jelang turnamen.

"Kalau di tahun ini habis lebaran kan ada pertandingan, dari latihan pastinya lebih berat dari (Ramadhan) tahun lalu yang tidak ada turnamen. Sampai sekarang saya sudah 'bolong' delapan atau sembilan hari," Vito menceritakan.

Ibadah puasa tahun ini berbeda dari tahun lalu, karena pada Ramadhan 2020 ia tidak menjalani latihan khusus mengingat belum ada turnamen yang berjalan akibat pandemi.

Baca juga: Ahli gizi PBSI paparkan menu sehat untuk atlet selama Ramadan

Namun pada Ramadhan tahun ini ia harus menghadapi tantangan saat berpuasa di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur. Terutama pada hari Senin dan Selasa saat menjalani porsi latihannya yang paling berat.

"Kalau pas kuat ya berpuasa, tapi kalau ternyata tidak kuat terpaksa tidak memaksakan. Apalagi ini mau Spain Masters, latihannya semakin rutin. Tapi bersyukur sejauh ini bisa tertangani," pungkasnya.

Baca juga: Shesar jaga disiplin jelang keberangkatan ke Spain Masters

Pada turnamen BWF Super 300 ini, Shesar menjadi unggulan teratas dan akan menghadapi rekan senegara pada babak pertama, yaitu Ihsan Maulana Mustofa, yang kembali ditarik ke Pelatnas Cipayung tahun ini.

Selain Vito dan Ihsan, Indonesia juga mengirim Chico Aura Dwi Wardoyo pada sektor tunggal putra.

Baca juga: PBSI panggil 87 atlet bulu tangkis perkuat Pelatnas Cipayung 2021
Baca juga: PBSI ajukan perubahan pranata skor pada Federasi Bulu Tangkis Dunia

 
Pewarta : Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021