Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis Spanyol Carolina Marin mencetak sejarah sebagai pemain pertama yang sukses mencatatkan lima gelar secara berturut-turut pada Kejuaraan Eropa, yakni 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2021.

Pada laga final yang berlangsung di Kyiv, Ukraina, Minggu, juara dunia tiga kali itu berhak atas titel kelimanya setelah mengalahkan pemain Denmark Line Christophersen 21-13, 21-18, demikian catatan resmi Badminton Europe.

“Saya merasa sangat senang bisa memenangi gelar kelima ini...apalagi kemarin saya sempat sedikit frustrasi dengan cara bermain saya,” kata Marin.

“Tapi hari ini saya merasa bahagia karena bisa meningkatkan permainan serta lebih fokus pada rencana permainan yang telah disiapkan,” kata peraih medali emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro itu menambahkan.

Baca juga: Carolina Marin mundur dari All England 2021

Sejarah lain dicatatkan oleh ganda campuran Rusia, Radion Alimov/Alina Davletova, yang menjadi pasangan Rusia pertama yang mampu merebut medali emas Kejuaraan Eropa.

Meski sempat tertinggal di gim pertama, Alimov/Davletova pada akhirnya sukses mengalahkan unggulan teratas asal Inggris Marcus Ellis/Lauren Smith 13-21, 21-16, 21-15.

“Kemenangan ini adalah hal yang luar biasa dan emosional. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah, dan kami sangat senang,” ujar Alimov.

Selanjutnya, ganda putri Bulgaria Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva berhasil mempertahankan gelarnya pada Kejuaraan Eropa usai menaklukkan pasangan Inggris Chloe Birch/Lauren Smith 21-14, 21-19.

Final Kejuaraan Eropa 2021 sempat terancam setelah dua pemain dinyatakan positif COVID-19. Kedua pemain tersebut adalah pemain Denmark Viktor Axelsen dan pemain Jerman Mark Lamsfuss, serta satu umpire.

Baca juga: Positif COVID-19, Axelsen batal tanding di final Kejuaraan Eropa

Temuan tersebut lantas membuat Axelsen tak bisa tampil melawan rekan senegaranya, Anders Antonsen di babak final. Begitu pun dengan Mark bersama rekannya, Marvin Seidel di ganda putra tak bisa bertanding menghadapi lawannya asal Rusia Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov.

BWF dan Badminton Eropa pun memutuskan untuk membatalkan dua partai final tunggal putra dan ganda putra serta meniadakan seremoni podium.

Berikut hasil final Kejuaraan Eropa 2021:

Tunggal putra: Anders Antonsen (Denmark) vs Viktor Axelsen (Denmark) walkover

Tunggal putri: Carolina Marin (Spanyol) vs Line Christophersen (Denmark) 21-13, 21-18

Ganda putra: Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia) vs Mark Lamsfuss/Marvin Seidel (Jerman) walkover

Ganda putri: Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva (Bulgaria) vs Chloe Birch/Lauren Smith (Inggris) 21-14, 21-19

Ganda campuran: Radion Alimov/Alina Davletova (Rusia) vs Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris) 13-21, 21-16, 21-15

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021