Siaga SAR khusus Lebaran 2021 digelar Basarnas Ambon

Siaga SAR khusus Lebaran 2021 digelar Basarnas Ambon

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional  (Basarnas) Ambon, Mustari (kiri) menyematkan tanda pada anggota saat apel siaga SAR khusus Lebaran 2021 di Ambon, Kamis (6/5/2021). ANTARA/daniel leonard.

Ambon (ANTARA) - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional  (Basarnas) Ambon, Mustari mengatakan, pihaknya telah melaksanakan apel siaga SAR khusus Lebaran 2021 guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi selama perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Siaga SAR khusus Lebaran ini berlangsung dari tanggal 6 hingga 24 Mei 2021," kata Mustari di Ambon, Kamis.

Menurut dia, seluruh personel akan berfokus pada beberapa titik Posko Siaga Lebaran di Kota Ambon seperti Pelabuhan Yos Sudarso, Pelabuhan Slamet Riyadi dan Pelabuhan Fery Galala, Kota Ambon.

Sebanyak 94 personel Basarnas Ambon, baik yang di kantor maupun Pos SAR Banda, Pos SAR Namlea, Pos SAR Tual, Pos SAR Saumlaki, dan Unit Siaga SAR Dobo disiapkan menjelang Siaga SAR khusus ini.

Selain itu, kata dia, Basarnas Ambon juga menyiapkan alat utama (alut) darat, alut laut dan peralatan pendukung lainnya untuk menunjang kegiatan siaga SAR khusus ini, di antaranya KN SAR Bharata, KN SAR Abimanyu, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rescue Truck, Rescue Truck Personil, D’max Compartement serta peralatan Emergency Kit (medis).

"Meskipun sudah ada perintah larangan atau pembatasan mudik oleh pemerintah, kita tetap melaksanakan patroli siaga SAR khusus di beberapa tempat seperti bandara dan tempat-tempat wisata untuk menjamin keselamatan masyarakat sekitar terhadap musibah yang bisa datang kapan saja," katanya.

Protokol kesehatan COVID-19 juga tetap dikedepankan selama kegiatan itu berlangsung. "Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa," demikian Mustari.

Baca juga: Basarnas Ambon gelar apel siaga mudik Lebaran

Baca juga: Perajin bungkus ketupat banjiri Pasar Mardika

Baca juga: Sempat dilaporkan hilang, tim SAR temukan kakek pencari jamur di hutan

Baca juga: Basarnas Ambon perpanjang tiga hari pencarian kapal kargo hilang


 
Kantor Pertolongan dan Pencarian Basarnas Ambon, Kamis (6/5/2021), di Ambon, menggelar apel siaga SAR khusus Lebaran tahun 2021 dengan melibatkan 94 personel yang tersebar di Kota Ambon, dan beberapa kabupaten/kota lainnya di Provinsi Maluku. (FOTO ANTARA/daniel leonard)
Pewarta : Daniel Leonard
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021