Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 30 unit kios di kawasan pasar di Gampong (desa) Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, ludes terbakar, Minggu pagi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas di Banda Aceh, Minggu menjelaskan peristiwa yang terjadi sekitar pukul 05.30 WIB itu begitu cepat sehingga membuat 30 unit kios masyarakat tidak bisa diselamatkan.

Baca juga: Delapan unit mobil Damkar padamkan rumah terbakar di Manggarai

"Untuk kronologisnya masih dalam penyelidikan pihak berwajib. Dampaknya 30 unit kios hangus tebakar yang mengalami rusak berat," kata Ilyas.

Untuk sementara, lanjut Ilyas, petugas BPBD Aceh Tamiang masih mendata jumlah korban yang terdampak dalam peristiwa pada hari keempat lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah tersebut.

Baca juga: Toko onderdl motor di Kabupaten Madiun terbakar

"Korban terdampak masih didata. Tidak ada warga yang harus mengungsi dalam kejadian ini, begitu juga dengan korban jiwa," kata Ilyas, yang terus menerima laporan dari BPBD Aceh Tamiang.

Menurut dia, setelah mendapatkan informasi adanya kebakaran pemukiman pasar, BPBD Aceh Tamiang langsung mengerahkan tim armada pemadam kebakaran untuk melakukan pemadaman.

"Proses pemadaman juga turut dibantu pihak TNI-Polri dan masyarakat setempat, sekaligus melakukan pendataan. Alhamdulillah tidak ada kendala di lapangan. Dan api sudah berhasil dipadamkan," katanya.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021