Senin, BMKG prediksi provinsi yang berpotensi alami hujan lebat

Senin, BMKG prediksi provinsi yang berpotensi alami hujan lebat

Dokumentasi - Warga menggunakan payung saat turun hujan di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (10/12/2019). ANTARA FOTO/Arnas Padda/YU/aww/aa.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam laman web resminya mengeluarkan prediksi peringatan dini untuk sejumlah provinsi di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat pada Senin.

Adapun hujan lebat akan terjadi di sebagian besar Pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Di Pulau Sumatera, BMKG memprediksi hujan lebat terjadi di Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Lampung dan Sumatera Selatan.

Selanjutnya di Pulau Kalimantan diprediksi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Lalu di Pulau Sulawesi yakni Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Sulawesi Utara.

Serta, hujan dapat berpotensi di provinsi lainnya yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode pancaroba, di mana sebagian besar wilayah Indonesia telah mengalami awal musim kemarau 2021 sekitar Mei dan Juni.
 
Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021