Pemprov Sulbar bangun 150 huntap untuk penyintas gempa di Majene

Pemprov Sulbar bangun 150 huntap untuk penyintas gempa di Majene

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (kedua dari kiri) saat meninjau pembangunan hunian tetap di Kabupaten Majene. (ANTARA/HO/Diskominfo Sulbar)

Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat membangun 150 hunian tetap (huntap) untuk para penyintas gempa di dua kecamatan di Kabupaten Majene.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar saat memantau kesiapan lahan pembangunan penyintas gempa di Kecamatan Ulumanda dan Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Rabu, mengatakan pembangunan hunian tetap bagi penyintas gempa itu dimulai Juni 2021.

"Estimasi biaya per unitnya mencapai Rp15 juta hingga Rp17 juta," ucapnya.

Baca juga: Bantuan hunian gempa Sulbar cair Rp2 miliar

Baca juga: Majene bentuk 10 tim validasi kerusakan akibat gempa bumi


Gubernur berharap proses pembangunan hunian tetap bagi penyintas gempa dapat segera selesai, sehingga warga korban gempa bumi berkekuatan 6, 2 magnitudo yang terjadi pada 15 Januari 2021 tidak lagi tinggal di tenda-tenda darurat.

"Kita berharap proses pengerjaan pembangunan hunian itu dapat berjalan dengan lancar dan bisa selesai dengan cepat, sehingga masyarakat kita sudah tidak lagi berada di tenda-tenda pengungsian," kata Ali Baal Masdar.

Sementara itu, Bupati Majene Lukman menyampaikan terima kasih atas perhatian Provinsi Sulbar terhadap masyarakat di daerah itu, khususnya warga yang menjadi korban gempa bumi.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada pak gubernur atas perhatiannya kepada kami, dan untuk kesekian kalinya telah mengunjungi warga korban gempa bumi di Kecamatan Ulumanda dalam rangka memberikan arahan, dukungan dan semangat kepada warga masyarakat pascagempa bumi 6, 2 magnitudo," kata Lukman.

Menurut dia, ini merupakan satu bentuk perhatian Pemprov Sulbar yang begitu besar, melebihi dari apa yang difikirkan selama ini. Hal itu dibuktikan dengan kesiapan segala unsur komponen hingga menunggu waktu yang tepat dalam pembangunannya.

Baca juga: Gempa di Majene sedikitnya rusak 7.240 unit rumah masyarakat

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Sulbar Ince Rachmat mengatakan kunjungan kerja gubernur di dua kecamatan di Kabupaten Majene tersebut dalam rangka mempersiapkan bantuan hunian tetap bagi penyintas gempa di daerah itu.

Ia menyampaikan sebanyak 50 unit hunian tetap akan dibangun di Desa Kabiraan Z, Kecamatan Ulumanda serta 100 unit hunian tetap di Kecamatan Malunda. "Kita upayakan pembangunan hunian tetap tersebut pada tahun ini," kata Ince Rachmat.
Pewarta : Amirullah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021