Kami berharap melalui acara ii-Motion 2021, dapat membuka dan memperluas jangkauan pemasaran produk muslim Indonesia...
Jakarta (ANTARA) - Pameran produk halal yang digelar virtual bertajuk Indonesia Industrial Moslem Exhibition (ii-Motion) resmi dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin yang juga dihadiri Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

“Indonesia merupakan pasar yang besar bagi produk muslim, karena sebagai negara dengan populasi muslim terbesar, mencapai 229 juta jiwa. Angka tersebut merupakan 87,2 persen dari populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 276,3 juta jiwa atau 12,7 persen dari populasi muslim dunia,” kata Wapres Ma'ruf Amin pada pembukaan pameran ii-Motion 2021 secara virtual, Kamis.

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia. Hal ini didukung dengan sumber daya yang dimiliki, termasuk potensi sektor industri di Indonesia.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong potensi dan peluang tersebut agar dapat tumbuh secara optimal.

Baca juga: Wapres: Saatnya Indonesia jadi produsen produk halal global

Wapres menjelaskan sektor industri halal merupakan bagian dari ekosistem dengan potensi ekonomi yang sangat besar untuk saat ini dan ke depannya. Berdasarkan laporan dari State of Global Islamic Economic Report 2020-2021, tingkat konsumsi masyarakat muslim dunia mencapai 2,02 triliun dolar AS yang terserap di sektor makanan, farmasi, kosmetik, mode, perjalanan dan media/rekreasi halal.

“Tingkat konsumsi tersebut diproyeksi terus meningkat hingga mencapai 2,4 triliun dolar AS pada tahun 2024 dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 3,1 persen,” ungkap Wapres.

Sementara itu Menperin melaporkan pameran yang digelar pada 3-5 Juni 2021 secara virtual itu mengusung tema “Indonesian Halal Industry Today”. Adapun kegiatan yang diselenggarkan yaitu pameran secara virtual, webinar, dan temu wicara dengan berbagai tema, demo make up dan hijab, demo barista dan demo masak.

“Pameran virtual dalam kegiatan ii-Motion 2021 diikuti oleh 138 peserta yang berasal dari kelompok komoditi makanan dan minuman, fesyen, sepatu, tas, perhiasan, kosmetik dan peralatan rumah tangga,” ujar Menperin.

Selain itu, terdapat satu gerai Program Santripreneur, dua Klinik Konsultasi dan Fasilitasi bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM), dan empat gerai Penghargaan IKM.

Baca juga: Sandiaga: Posisikan Indonesia sebagai negara produsen produk halal

Di antara peserta, terdapat enam gerai ikon yang diisi oleh desainer ternama Tanah Air, yaitu Ivan Gunawan, Jenahara, Ida Royani, Irfan Hakim, dan Itang Yunaz

Pada gerai Penghargaan IKM, diisi oleh program dan penghargaan yang diselenggarakan oleh Kemenperin kepada IKM yaitu Indonesia Food Innovation (IFI), Modest Fashion Project (MOFP), Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA), dan Indonesia Good Design Selection (IGDS).

Sedangkan pada gerai Klinik Konsultasi dan Fasilitasi terdapat Klinik Desain Merek dan Kemasan, dan Klinik Kekayaan Intelektual yang akan memberikan informasi dan konsultasi terkait dengan Kekayaan Intelektual dan kemasan bagi produk IKM.

Pada sesi Webinar, akan diangkat dua tema, yaitu Industri Halal dan Perkembangannya di Indonesia, dan Akses Pembiayaan Syariah.

Kemudian, pada sesi temu wicara akan diangkat dua tema, yaitu fashion business talks dan Mengangkat Potensi Unggulan Pangan Halal Lokal melalui Inovasi.

“Kami berharap melalui acara ii-Motion 2021, dapat membuka dan memperluas jangkauan pemasaran produk muslim Indonesia, mendorong pertumbuhan IKM produk muslim, memperkuat citra Indonesia sebagai pemain penting dalam industri halal dunia, serta mendukung upaya Indonesia untuk menjadi produsen produk halal terbesar di dunia,” kata Menperin.

 

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021