Ternate (ANTARA) - Posko utama penggalangan dana masyarakat Maluku Utara (Malut), untuk Palestina di Masjid Agung Almunawwar Ternate menyerahkan donasi masyarakat Malut. untuk Palestina senilai Rp500 juta yang diperoleh dari bantuan masyarakat

"Kami salurkan melalui perwakilan lembaga kemanusiaan, di antara lembaga kemanusiaan yang menerima dan menyalurkan donasi masyarakat Maluku Utara untuk Palestina adalah Majelis Ulama Indonesia Pusat, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Nusantara Peduli Center (NPC) Abdillah Onim. Untuk MUI akan kami berikan donasi sebesar Rp100 juta bagi kepentingan pembangunan rumah sakit Indonesia di Hebron Tepi Barat, Rp150 juta kami berikan kepada NPC Abdillah Onim untuk disalurkan bagi kepentingan anak yatim, makanan bagi pengungsi dan distribusi air bersih di jalur Gaza. Sementara Rp250 juta kami salurkan melalui ACT bagi pembelian mobil ambulance yang In syaa Allah di badan mobil bertuliskan sumbangan masyarakat Maluku Utara untuk Palestina," kata Kordinator Penggalangan Dana Masyarakat Maluku Utara untuk Palestina, Hasby Yusuf di Ternate, Selasa.

Penyerahan sendiri bertempat di Dhuafa Center diserahkan kepada para perwakilan lembaga kemanusiaan. Acara ini sendiri dihadiri oleh Sekot Ternate Dr Jusuf Sunya mewakili Walikota Ternate, hadir juga MUI Provinsi dan Kota Ternate.

Baca juga: Baznas Semen Padang salurkan bantuan untuk Palestina

Selain itu hadir juga para relawan yang selama ini bergabung dalam penggalangan dana di posko almunawwar yaitu majelis Taalim, Mualaf Center, muslimah parmusi, remaja masjid, pengurus masjid (BKM) se kota Ternate, KAHMI, alkhairaat, SKPD se kota Ternate dan semua penyumbang hadir menyaksikan penyerahan bantuan masyarakat Maluku Utara kepada para perwakilan lembaga kemanusiaan.

"Kami mengapresiasi dukungan pemerintah Kota Ternate terutama Pak Wali Kota Ternate yang selama ini mendukung kami dalam penggalan dana, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi dan Kota yang menjadi institusi umat yang mempercayakan kami dalam aksi penggalangan dana untuk Palestina. Terima kasih juga kami sampaikan untuk pak Kapolda dan jajaran kepolisian daerah Maluku Utara dan polres Ternate yang terus bersama kami dalam penggalangan dana. Para imam dan pengurus BKM Masjid Agung Al-Munawwar Ternate yang berikan perhatian, tempat dan paling utama menggalang jamaah untuk berdonasi bagi Palestina. pada awak media baik cetak maupun online yang selalu memberitakan soal aksi penggalangan dana," ujarnya.

Sehingga, pihaknya berharap aksi penggalangan dana untuk Palestina ini menjadi momentum bagi kita untuk terus merawat solidaritas kemanusiaan bagi Palestina. Ke depan pihaknya terus berkhidmat pada kepentingan kemanusiaan baik di tingkat lokal, nasional hingga global.

Baca juga: ACT NTB himpun hewan kurban untuk rakyat Palestina
Baca juga: NU Care-LAZISNU salurkan bantuan rakyat Indonesia ke Palestina

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021