Jakarta (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melakukan penandatanganan kerjasama strategis dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait pemanfaatan layanan produk dan jasa keuangan syariah di Indonesia.

Melalui penandatanganan kerjasama yang dilakukan oleh Direktur Utama BSI Hery Gunardi dan Ketua Umum MUI KH. Miftachul Akhyar tersebut akan menjadikan BSI sebagai rekanan strategis MUI dalam hal literasi, pendanaan dan pembiayaan syariah, serta fasilitas produk digital BSI.

“Kami berharap sinergi ini dapat menjadi energi baru bagi ekonomi Indonesia, serta mampu memberikan akses pertumbuhan ekonomi syariah,” kata Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi usai penandatanganan kerjasama di Gedung Pusat MUI, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Legislator minta BSI lebih berkomitmen kepada pembiayaan UMKM

Kedepannya, lanjut Hery, kerjasama tersebut dapat ditingkatkan lebih spesifik terkait pembiayaan, edukasi keuangan syariah, serta kerja sama lainnya yang mendorong potensi ekonomi syariah dan industri halal yang lebih berkembang sehingga bisa memberikan kemaslahatan bagi umat secara berkelanjutan.

Sebagai lembaga yang mewadahi ulama, zu’ama, dan cendekiawan Islam di Indonesia, BSI berharap kerjasama tersebut dapat turut mendukung peran MUI dalam mengembangkan program keumatan.

Turut hadir dalam penandatanganan tersebut Sekjen MUI H. Amirsyah Tambunan, Wasekjen MUI Azrul Tanjung, Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI H. Nuruzzaman serta direksi Bank Syariah Indonesia.

Baca juga: Keuangan syariah perlu manfaatkan teknologi jangkau milenial

Saat ini BSI selain sedang melaksanakan program integrasi sistem operasional dan layanan juga tengah gencar melakukan aksi kerjasama strategis untuk mewujudkan visi menjadi Top 10 bank syariah di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar dalam waktu 5 tahun.

BSI berkomitmen secara terus menerus dan berkesinambungan melakukan transformasi dan inovasi agar dapat bersaing di industri perbankan syariah dalam skala nasional dan global khususnya dalam transformasi digital.

Transformasi digital dilakukan melalui pengembangan fitur BSI Mobile seperti pembukaan rekening via online, tabungan emas, maupun memberikan layanan/fitur khas syariah seperti pembayaran ZISWAF.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021