ternyata berdasarkan hasil tes PCR saya kembali terkonfirmasi positif COVID-19
Bogor (ANTARA) - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Prof Arif Satria kembali terkonfirmasi positif COVID-19 kedua kalinya setelah sempat terkonfirmasi positif pada September 2020.

"Meskipun kita sudah memenuhi semuanya ternyata penularan bisa datang dari mana saja. Seperti halnya yang terjadi pada diri saya, ternyata berdasarkan hasil tes PCR saya kembali terkonfirmasi positif COVID-19," ungkap Arif melalui melalui keterangan tertulis diterima di Bogor, Jumat. 

Baca juga: Rektor IPB apresiasi prestasi dan karya para pelajar Indonesia

Ia menduga tertular COVID-19 setelah melakukan kontak erat dengan seseorang yang keluarganya terkonfirmasi positif corona. Padahal, sebelumnya ia telah rutin melakukan tes usap antigen, dalam enam hari terakhir ia telah melakukan empat kali pemeriksaan dengan hasil nonreaktif.

Di samping itu, Arif juga telah melakukan vaksinasi COVID-19 secara lengkap beberapa waktu lalu.

Baca juga: Rektor IPB: Growth mindset salah satu solusi gerakan revolusi mental

"Saya perlu mengingatkan kepada diri saya pribadi dan handai taulan bahwa walaupun sudah mendapat vaksinasi lengkap kita tetap harus menegakkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker secara baik dan benar, menjaga jarak, mencuci tangan lebih sering, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan serta terus berdoa memohon lindungan Allah SWT," tutur Arif.

Ia sengaja mengumumkan kasus penularannya dengan bermaksud mereka yang telah melakukan kontak erat dalam kurun waktu lima hari ke belakang segera menjalani pemeriksaan.

Baca juga: Rektor : Krisis harus jadi momentum lompatan inovasi

Dirinya juga berharap seluruh agenda kerja di lingkungan IPB tetap berjalan dengan baik dan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat jika terpaksa dilakukan secara tatap muka.

"Saya berharap seluruh warga IPB tetap sehat dalam menjalankan aktivitas yang padat. Terus berupaya menjaga kesehatan pribadi maupun keluarga," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Bogor: Rektor IPB jalani isolasi di Sentul

Baca juga: Tanpa gejala, Rektor IPB University Prof Arif Satria positif COVID-19

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021