Basarnas Surabaya kirim kapal untuk cari korban kecelakaan KMP Yunicee

Basarnas Surabaya kirim kapal untuk cari korban kecelakaan KMP Yunicee

Personel Basarnas Surabaya tiba di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (30/6/2021), untuk membantu pencarian korban kecelakaan KMP Yunicee di Selat Bali. (ANTARA/Novi H.)

Banyuwangi (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Surabaya, Jawa Timur, mengirim Kapal Negara (KN) SAR Permadi dan dua kapal cepat untuk membantu upaya pencarian korban kecelakaan KMP Yunicee di Selat Bali.

Kasi Ops Basarnas Surabaya I Wayan Suyatna saat berada di Pos SAR Banyuwangi, Rabu, mengatakan bahwa KN SAR Permadi dan dua kapal cepat sudah diberangkatkan dari Surabaya pada Selasa (29/6) malam dan saat ini sudah dioperasikan untuk mendukung pencarian korban kecelakaan kapal di Selat Bali.

"Ada sejumlah potensi SAR lainnya juga bergabung bersama kami melakukan pencarian korban KMP Yunicee, yang hingga saat ini belum ditemukan," katanya.

Dalam upaya menemukan korban kecelakaan, ia mengatakan, penyisiran dilakukan di selatan dan utara lokasi tenggelamnya KMP Yunicee di perairan Selat Bali, tidak jauh dari Pelabuhan Gilimanuk.

"Fokus pencarian kami hari ini, lima mil ke selatan dari lokasi kejadian dan lima mil ke utara dari lokasi. KN SAR Permadi sejak pagi tadi juga sudah melaksanakan operasi SAR di Selat Bali," katanya.

Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee mengalami kecelakaan di perairan Selat Bali saat membawa penumpang dan kendaraan dari Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur, menuju Pelabuhan Gilimanuk di Jembrana, Bali, pada Selasa (29/6) malam.

Menurut data Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gilimanuk, Tim SAR sudah mengevakuasi 33 penumpang kapal yang selamat dan enam penumpang yang meninggal dunia serta masih berupaya menemukan 14 korban kecelakaan yang belum diketahui keberadaannya.

Sejumlah anggota keluarga korban kecelakaan kapal berdatangan ke Posko Tanggap Darurat KMP Yunicee di Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi untuk mencari informasi mengenai keberadaan anggota keluarga mereka. Penumpang kapal yang selamat juga sudah mulai dijemput oleh keluarganya.

Baca juga:
TNI AL kirim dua KRI bantu evakuasi korban KMP Yunicee
33 penumpang kapal tenggelam di Selat Bali ditemukan selamat
Pewarta : Masuki M. Astro, Novi Husdinariyanto
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021