Biak (ANTARA News) - Badan SAR Nasional Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyatakan siap mengirim bantuan personel dan peralatan untuk menolong korban banjir bandang, yang terjadi Senin (4/10), di Kabupaten Wasior, Papua Barat.

Kepala Badan SAR Biak Sumpeno Yuwono di Biak, Selasa, mengatakan, untuk melakukan pengiriman bantuan ke Wasior pihaknya telah menghubungi kantor SAR Sorong untuk berkoordinasi memberikan bantuan.

"Selasa pagi kami telah siap mengirimkan bantuan. Hanya saja sampai saat ini masih menunggu hasil koordinasi dari SAR Sorong," ungkap Sumpeno Yuwono menanggapi pengiriman bantuan regu penolong ke Wasior.

Ia mengatakan, pihak SAR Sorong telah mengirim bantuan melalui pos SAR Manokwari untuk bergeser menuju Wasior.

Menurut Sumpeno, pihaknya belum dapat merinci jumlah dan jenis bantuan karena belum mendapatkan permintaan dari kantor SAR Sorong sebagai daerah kerja bersangkutan.

Untuk peralatan, kata dia, kantor SAR Biak tergolong sangat lengkap, selain memiliki kapal dan motor laut juga puluhan personel telah terlatih untuk setiap saat memberikan pertolongan kepada korban yang membutuhkan.

"setiap waktu anggota regu penolong SAR Biak selalu siap bergeser memberikan bantuan kepada korban banjir bandang di kabupaten Wasior. Ya tugas personel SAR menjalankan tugas pokok memberikan bantuan pertolongan," katanya.

Banjir bandang di Kabupaten Wasior yang terjadi Senin mengakibatkan sedikitnya 10 orang tewas.(*)

(T.M039/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010