Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka mendukung upaya percepatan distribusi vaksin dan pemenuhan target penerima vaksin secara nasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) merangkul pihak swasta yakni MNC Peduli, Doktora Clinic, Traveloka, Mister Aladin, dan GBI Glow Fellowship Center untuk menghadirkan layanan Sentra Vaksinasi COVID-19.

Adapun Sentra Vaksinasi COVID-19 ini berlokasi di Kawasan MNC Center di Kebon Sirih, Jakarta Pusat dan juga di Kawasan MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Vaksinasi merupakan salah satu bentuk upaya kita bersama untuk dapat menangani pandemi COVID-19. Untuk itu, pemerintah menggandeng berbagai pihak dan melakukan kolaborasi lintas sektor guna mempercepat distribusi vaksin di tanah air serta memudahkan masyarakat dalam mendapatkan vaksinasi. Saya sangat berterima kasih terhadap dukungan seluruh pihak, sehingga Sentra Vaksinasi ini dapat terwujud sehingga herd immunity dapat segera terbentuk. Saya juga mengimbau rekan-rekan yang bekerja di industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat memanfaatkan Sentra Vaksinasi ini agar dapat mempercepat pemulihan di salah satu industri yang paling terdampak ini. Harapan kami 90-95 persen dari 34 juta masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor Parekraf dapat menerima vaksin," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo dalam keterangannya pada Jumat.

Layanan vaksinasi ini resmi beroperasi tanggal 23-27 Juli 2021 pukul 08.00-15.00 WIB untuk vaksinasi dosis pertama dan 20-24 Agustus 2021 untuk vaksinasi dosis kedua. Masyarakat umum, termasuk lansia, dapat mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin di Sentra Vaksinasi ini dengan menunjukkan kartu identitas resmi tanpa syarat domisili.

Menargetkan total 6.000 penerima vaksin untuk dosis pertama selama periode pelaksanaan, inisiatif ini merupakan upaya bersama antara pemerintah dengan pihak swasta (public- private partnership/PPP) dalam mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok yang saat ini terus menjadi fokus pemerintah sebagai kunci untuk dapat keluar dari pandemi COVID-19.

Baca juga: Sandiaga gandeng Perhimpunan Pelajar Indonesia promosikan parekraf

Turut mendukung program Sentra Vaksinasi ini melalui pengadaan lokasi dan tim operasional, Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo mengatakan kesediannya membantu pemerintah untuk memperluas cakupan vaksin nasional yang merupakan langkah nyata dalam penanganan COVID-19. Dukungan dari MNC Peduli berupa lokasi pelaksanaan Sentra Vaksinasi di dua lokasi diharapkan dapat menjangkau semakin banyak masyarakat yang belum mendapatkan akses vaksinasi.

"Kami juga telah menyiapkan tim operasional yang akan membantu alur jalannya proses vaksinasi di lapangan untuk memastikan keamanan proses vaksinasi. Kami berkomitmen untuk terus bersinergi dengan pemerintah dan pelaku industri lainnya untuk membantu penanganan COVID-19 di Indonesia," kata Jessica.

Memanfaatkan teknologi yang dikembangkan oleh Traveloka, masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi dapat melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi Traveloka dengan memilih produk Traveloka Xperience, kemudian dapat memilih tanggal dan jam kedatangan yang tersedia. Sistem pemesanan yang tersedia di aplikasi Traveloka membantu sistem penjadwalan yang lebih teratur agar pelaksanaan vaksinasi berlangsung dengan tertib dan lancar.

Co-Founder, Traveloka, Albert mengungkapkan bahwa layanan Sentra Vaksinasi ini merupakan bagian dari gerakan #JalanBersama Lawan COVID-19 yang diinisiasi oleh Traveloka, di mana sebelumnya Traveloka juga aktif menghadirkan Sentra Vaksinasi di Yogyakarta, Tangerang Selatan, dan juga di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami bangga mendapatkan kepercayaan dari Kemenparekraf RI dan bekerja sama MNC Peduli, Doktora Clinic, Mister Aladin, dan GBI Glow Fellowship Center. Kolaborasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh vaksinasi dengan memanfaatkan teknologi yang kami miliki. Guna mematuhi protokol kesehatan, kami menyediakan kemudahan sistem registrasi secara daring sehingga penjadwalan vaksinasi dapat terlaksana lebih baik. Pengguna dapat memilih hari dan jam vaksin yang diinginkan dan diharapkan dapat hadir pada jadwal tersebut guna menghindari terjadinya penumpukan saat pelaksanaan vaksinasi," kata Albert.

Berperan aktif dalam pengadaan kebutuhan medis, Doktora Clinic turut menyampaikan apresiasinya atas terwujudnya Sentra Vaksinasi ini.

Drg. Fransisca Tobing, CEO Doktora Clinic menyatakan dukungannya sebagai salah satu fasilitas kesehatan resmi yang ditunjuk Pemerintah untuk melayani vaksinasi COVID-19. Dia menggandeng tim tenaga kesehatan dari Persatuan Dokter Glow Fellowship Center, untuk menangani sentra vaksinasi ini, sementara untuk keperluan alat medis, pengolahan limbah medis dan SOP pelaksanaannya di bawah pengawasan Doctora Klinik.

"Kami siap mendukung upaya pemerintah dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak swasta yang turut berpartisipasi dalam pengadaan Sentra Vaksinasi ini. Kami berharap akan semakin banyak masyarakat yang dapat memanfaatkan Sentra Vaksinasi ini mengingat telah diberlakukannya kebijakan penghapusan surat keterangan domisili sehingga masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi dengan mudah.”

Selain menggelar layanan Sentra Vaksinasi COVID-19, masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi maupun yang belum tetap dihimbau untuk menjaga daya tahan tubuh, tetap tinggal di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak, dan mematuhi protokol kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sentra Vaksinasi di MNC Kebon Jeruk dan Kebon Sirih tersedia di https://www.traveloka.com/id-id/promotion/vaksin-jakarta.

Baca juga: Menparekraf dorong desa wisata pulihkan ekonomi lewat ADWI 2021

Baca juga: Sandiaga: Masyarakat disiplin prokes & cegah hoaks adalah pahlawan

Baca juga: Kemenparekraf gelar workshop online Anugerah Desa Wisata 2021

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021