Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu menorehkan kemenangan pada laga penyisihan kedua Grup A Olimpiade Tokyo 2020 atas pasangan Inggris Chloe Birch/Lauren Smith.

Dari segi peringkat, Greysia/Apriyani memang lebih unggul karena saat ini mereka menempati rangking keenam dunia, sementara Birch/Smith berada di urutan ke-14 dunia.

Pada pertandingan yang digelar di Lapangan 2 Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin, Greysia/Apriyani membuat lawannya takluk dalam dua gim dengan hasil akhir 21-11, 21-13, dikutip dari laman BWF.

Baca juga: Timnas bulu tangkis buat sejarah menangi semua laga pembuka Olimpiade

Sejak gim pertama, Greysia/Apriyani sudah terlihat mendominasi permainan. Sementara perlawanan yang diberikan oleh duet Inggris itu terbilang lemah.

Setelah kedudukan imbang 4-4, langkah Greysia/Apriyani kian mulus untuk mengumpulkan poin hingga akhirnya unggul pada gim pertama dengan perolehan 21-11.

Pada gim kedua, Greysia/Apriyani sudah bisa membaca pola permainan lawannya. Mereka menemukan kelemahan Birch/Smith dan memanfaatkannya untuk meraup lebih banyak poin.

Pertempuran kali ini tampaknya terasa lebih mudah bagi Greysia/Apriyani. Bahkan, lawannya tak sekalipun mampu menyamakan kedudukan, hingga akhirnya Greysia/Apriyani menutup laga yang berlangsung selama 39 menit itu dengan kemenangan 21-13.

Setelah Birch/Smith, Greysia/Apriyani masih memiliki satu laga penyisihan terakhir Grup A Olimpiade Tokyo 2020, yakni melawan wakil tuan rumah Yuki Fukushima/Sayaka Hirota pada Selasa (27/7).

Baca juga: Minions belum terhentikan di laga kedua penyisihan Grup A

Sebelumnya pada penyisihan pertama, wakil Garuda itu juga menuai kemenangan atas pasangan Malaysia Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean pada Sabtu (24/7) dengan skor 21-14, 21-17.

Sementara itu, dua wakil Indonesia telah menyelesaikan pertandingan mereka pada babak penyisihan grup, yaitu ganda campuran Grup C Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang ditaklukkan wakil tuan rumah Yuta Watanabe/Arisa Higashino 13-21, 10-21.

Kemudian, ganda putra Grup A Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang menaklukkan pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dengan hasil akhir 21-13, 21-12.

Selanjutnya, akan ada penampilan dari ganda putra Grup D Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melawan Aaron Chia/Soh Wooi Yik asal Malaysia pada pukul 17.20 WIB.

Baca juga: Praveen/Melati akui kurang maksimal melawan Watanabe/Higashino

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021