Pemkot tinjau pemanfaatan isolasi apung COVID-19 di Bitung

Pemkot tinjau pemanfaatan isolasi apung COVID-19 di Bitung

Turut hadir meninjau isolasi apung yakni Walikota Bitung Maurits Mantiri, GM Pelindo IV Persero Ramdan Kyai Demak, Teguh Harisetiadi selaku Plh Kepala Cabang PT Pelni Bitung, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Samudera Bitung AKP Wayan Budhiarta, mewakili KPLP, di Bitung, Selasa. (1)

Manado (ANTARA) - Pemerintah kota (Pemkot) Bitung meninjau pemanfaatan isolasi apung COVID-19 di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Sarana dan prasarana oleh Pelni terlihat sudah siap, tinggal menyesuaikan penggunaan tempat tidur agar sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) COVID-19," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Selasa.

Dia mengatakan penggunaan Kapal KM Tatamailau dan satu kapal Pelni lainnya sebagai tempat Isoman terapung pasien COVID-19 sudah bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Pasien isoman yang bisa memanfaatkan isolasi apung tersebut yakni dari Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara hingga Kota Manado," kata Maurits.

Baca juga: Bitung catat kasus sembuh dari COVID-19 terbanyak di Sulut

Baca juga: Animo warga Kota Bitung lakukan vaksinasi COVID-19 tinggi

Ide menggunakan kapal Pelni sebagai tempat Isoman muncul saat Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat meninjau Rusunawa Sagerat yang dijadikan Rumah Sakit (RS) Darurat COVID-19 Kota Bitung.

Pada kunjungan tersebut, dirinya melaporkan bahwa RS Darurat COVID-19 masih membutuhkan fasilitas tempat tidur sehingga butuh waktu untuk dipersiapkan.

"Pak Gubernur langsung menghubungi Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dan meminta menyiapkan kapal Pelni sebagai tempat Isoman terapung pasien COVID-19,” katanya.

Permintaan Olly itu langsung direspon dan menyatakan Kementerian Perhubungan siap membantu penanganan pasien COVID-19 di atas kapal Pelni sebagai tempat Isoman terapung.

Saat meninjau KM Tatamailau bersama tim dari PT Pelni dan KSOP serta jajaran terkait lainnya, Maurits-Hengky langsung berdiskusi mengatur bagaimana penggunaan dan pemanfaatan tempat tidur di atas kapal.*

Baca juga: Pemkot Bitung minta tambahan kuota vaksin COVID-19

Baca juga: Pemkot Bitung lakukan vaksinasi COVID-19 pada ratusan anak

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021