Jakarta (ANTARA) - Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia selalu identik dengan beragam permainan atau perlombaan seru yang diikuti oleh berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa.

Biasanya, perlombaan diadakan dari pagi hingga sore hari pada tanggal 17 Agustus di setiap Rukun Tetangga (RT) sehingga dapat mempererat hubungan persaudaraan antar tetangga. Bahkan, di beberapa daerah ada yang menggelar kegiatan sejak beberapa hari sebelumnya.

ANTARA telah merangkum beberapa permainan atau perlombaan yang telah menjadi ciri khas karena selalu digelar dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI sebelum pandemi COVID-19.

"Panjat Pinang"
 
Seorang anak melepaskan bendera merah putih saat berhasil memanjat batang pohon pinang dalam lomba panjat pinang kemerdekaan di kawasan Jalan Haka, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (16/08/2020). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.


Di setiap daerah, panjat pinang tampaknya telah menjadi permainan yang wajib digelar setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Permainan ini diikuti oleh anak-anak hingga orang dewasa. Mereka harus bergotong royong membantu satu sama lain untuk memanjat batang pohon pinang yang telah dilumuri oli. Jika berhasil sampai ke puncak, peserta dapat membawa pulang hadiah yang digantung di sana.

"Balap Karung"
 
Anak-anak mengikuti lomba balap karung sambil menggunakan helm saat Festival Permainan Tradisional di Desa Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (13/9/2020). Festival Permainan Tradisional yang digelar masyarakat setempat tersebut bertujuan untuk memperkenalkan dan menjaga kelestarian sejumlah permainan tradisional dalam bentuk perlombaan kepada anak-anak. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/aww.


Lomba balap karung juga telah menjadi salah satu permainan paling seru untuk diikuti saat perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Para peserta memasukkan kedua kaki mereka ke dalam karung kemudian berlomba-lomba pencapai garis finis.Tak hanya diikuti oleh anak-anak, orang dewasa juga selalu mengikuti permainan ini.

"Balap Bakiak"
 
Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Surakarta mengikuti lomba balap terompah atau bakiak untuk menyambut HUT ke-74 RI di halaman Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/8/2019). ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp.


Permainan balap bakiak membutuhkan kerja sama tim yang kompak. Biasanya, satu tim terdiri dari tiga sampai lima orang.

Sesuai namanya, peserta menggunakan bakiak atau sandal panjang yang terbuat dari kayu. Setiap tim harus kompak melangkahkan kaki mereka dan menjadi yang tercepat untuk sampai ke garis finis.

"Tarik Tambang"
Sejumlah warga mengikuti lomba tarik tambang di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019). Lomba tersebut untuk memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.


Permainan tarik tambang juga tak pernah ketinggalan digelar dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI. Permainan ini juga membutuhkan kerja sama tim yang baik.

Dua tim akan berhadapan untuk menarik tambang ke daerah masing-masing. Tim akan kalah jika salah satu atau seluruh anggota terjatuh karena tidak kuat lagi menarik tambang tersebut.

"Balap Kelereng"
 
Para pemain film Ritual, Defwita Zumara dan Richelle Georgette, memeriahkan HUT RI dengan berlomba balap kelereng di kantor LKBN ANTARA, Wisma ANTARA, Jakarta, Jumat (2/8/19). (ANTARA News/Alviansyah P)


Balap kelereng menjadi salah satu permainan yang paling populer saat merayakan HUT Kemerdekaan RI, terutama di kalangan anak-anak.

Para peserta harus berlomba-lomba sampai ke garis finis sambil menggigit sendok yang di atasnya terdapat sebuah kelereng. Jika kelereng terjatuh, maka peserta harus mengulang dari garis start.

"Gigit Koin"
 
Peserta mengikuti lomba gigit koin di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (14/8/2018). Perlombaan tersebut dalam rangka pesta rakyat menyambut HUT ke-73 RI. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)


Sesuai namanya, permainan gigit koin mengharuskan peserta mengambil koin yang ditancapkan pada buah semangka dengan cara digigit. Peserta yang paling banyak mengambil koin akan menjadi pemenangnya.

"Memasukkan Belut ke Botol"
Prajurit Marinir Amerika Serikat dari United States Marine Corps/United States Marine Pacific (US MARFORPAC) mengikuti lomba memasukkan belut ke dalam botol di lapangan Brigif 2 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (21/6/2019).. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/pras.

Dalam permainan ini, peserta berlomba-lomba memasukkan belut ke botol. Tentu tak semudah yang dipikirkan karena belut memiliki tubuh yang sangat licin.

"Joget Balon"
 
Anak-anak mengikuti lomba joget sambil menggunakan balon di kompleks perumahan Bumi Batara Mawang Permai, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (11/8/2020).. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/pras.

Dalam permainan ini, peserta akan berpasang-pasangan. Mereka harus berjoget mengikuti irama musik sambil mengapit balon. Peserta tidak boleh memegang balon selama musik diputar.

Pemenang permainan ini adalah peserta yang berhasil mengapit balon tanpa terlepas sama sekali sampai waktu yang telah ditentukan oleh panitia.

"Makan Kerupuk"
Pemain film Ritual, Salshabilla Adriani, memeriahkan HUT RI dengan berlomba makan kerupuk di kantor LKBN ANTARA, Wisma ANTARA, Jakarta, Jumat (2/8/19). (ANTARA News/Alviansyah P)

Lomba makan kerupuk juga menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Peserta harus memakan kerupuk yang digantung dengan tali. Lomba ini cukup sulit karena tali yang mengikat kerupuk akan bergoyang-goyang tertiup angin sementara peserta tidak dibolehkan memegang kerupuk.

"Pukul Bantal"
 
Peserta mengikuti lomba pukul bantal untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI di Kelurahan Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara, Mingggu (16/8/2020). Berbagai lomba dilaksanakan yang diikuti anak-anak dan remaja itu dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengusung tema Indonesia Maju. ANTARA FOTO/Jojon/aww.


Dalam permainan ini, dua orang peserta akan duduk di atas sebuah batang pohon atau bambu yang dibentangkan di atas kolam. Mereka akan berhadapan dan memukul satu sama lain menggunakan bantal. Peserta yang berhasil membuat lawannya terjatuh akan menjadi pemenang.

"Main Futsal Pakai Daster"
 
Pertandingan futsal antarpria ASN mengenakan daster digelar Dinas PUPR. (Siprianus Yanyaan) (Siprianus Yanyaan/)


Permainan ini biasanya diikuti oleh bapak-bapak. Mereka akan bertanding futsal seperti biasa. Bedanya, pakaian yang mereka kenakan bukan baju futsal melainkan daster.

Berbagai permainan khas 17 Agustus itu memang sangat seru untuk diikuti. Namun, saat ini Indonesia masih menghadapi pandemi COVID-19 sehingga perayaan HUT ke-76 RI tak bisa semeriah dulu. Pemerintah juga telah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari tanggal 17 Agustus hingga 23 Agustus 2021 guna menekan laju penularan COVID-19.

Baca juga: Anies keluarkan Sergub larangan lomba 17 Agustus

Baca juga: Review - Merayakan 17 Agustus virtual di Rumah Digital Indonesia

Baca juga: Maudy Ayunda selalu semangat lomba 17 Agustus karena doyan kerupuk

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021