Makassar (ANTARA News) - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Margiono, melantik sejumlah pengurus PWI Cabang Sulawesi Selatan periode 2010 - 2015, di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu.

Konferensi Cabang (Konfercab) PWI Sulsel pada Oktober 2010 memilih Zulkifli Gani Ottoh kembali terpilih selaku ketua untuk periode kedua atau terakhir, dan Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI Sulsel terpilih Ronald Ngantung.

Dalam pelantikan pengurus PWI Sulsel, Margiono, yang juga anggota Dewan Pers periode 2010-2013, menyampaikan pesan kepada seluruh pengurus PWI Sulsel agar tetap mengedepankan nilai-nilai yang terkandung dalam Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

"Setelah pelantikan ini, maka pengurus akan mulai merancang sejumlah program untuk lima tahun ke depan, dan diharapkan dapat melaksanakan amanah organisasi," tuturnya.

Menurut dia, sebagai organisasi wartawan profesional PWI memiliki mandat untuk mendukung serta memelihara dan menjaga kemerdekaan pers sesuai dengan amanat Undang-Undang Pers.

Hal tersebut, kata dia, merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis.

"Untuk itu PWI harus memiliki integritas dan kredibilitas serta anggota yang profesional yang apat mengembangkan kemerdekaan pers yang bertanggung jawab," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut juga dilantik pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) cabang Sulsel.

Pelantikan pengurus PWI Sulsel tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat tingi daerah, yaitu Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu`mang, Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Johny Wainal Usman, dan sejumlah unsur musyawarah pimpinan daerah.

Pelantikan pengurus PWI Sulsel tersebut juga dirangkaikan dengan pelatakan batu pertama Masjid Nurul Yasin yang terletak di kompleks PWI Sulsel.
(T.ANT-103/M027/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010