Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Fairid Naparin mengatakan tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di kotanya terus meningkat setiap harinya.

"Angka kasus COVID-19 kita terus membaik. Artinya, dalam beberapa hari terakhir tren kasus positif mengalami penurunan sementara tingkat kesembuhan meningkat," kata Fairid di Palangka Raya, Sabtu.

Fairid pun mengapresiasi kinerja seluruh pihak, baik Satgas COVID-19, jajaran dinas kesehatan serta seluruh elemen masyarakat yang secara bersama-sama terlibat memutus mata rantai penyebaran virus corona di "Kota Cantik".

Masyarakat di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah juga diminta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Palangka Raya capai 51,41 persen

Baca juga: 2.010 tenaga kesehatan di Palangka Raya sudah divaksin booster


Sementara itu berdasar Data Satgas COVID-19 Kota Palangka Raya pada 1 September lalu tercatat tingkat kesembuhan mencapai 85,26 persen atau 10.684 sembuh dari total 12.531 warga positif.

Selanjutnya pada 2 September tingkat kesembuhan naik menjadi 85,35 persen atau 10.721 warga sembuh dari total kasus positif 12.561 warga

Terakhir pada 3 September persentase kesembuhan pasien COVID-19 naik lagi di angka 85,47 persen atau 10.757 kasus sembuh dari total 12.585 warga yang positif.

Data terakhir yakni pada 3 September, Satgas COVID-19 Kota Palangka Raya selain dari total kasus positif dan akumulasi kesembuhan juga mencatat sebanyak 1.338 warga atau 10,63 persen masih menjalani perawatan. Kemudian total kasus meninggal tercatat 490 orang usai terjadi penambahan dua kasus pasien COVID-19 meninggal dunia.

Data tersebut berhasil dihimpun dari seluruh wilayah di Kota Palangka Raya mencakup lima kecamatan dan 30 kelurahan. Bertambahnya kasus COVID-19 tersebut, menurut dia, juga bentuk keseriusan pemerintah kota dalam melakukan penelusuran kontak erat antara masyarakat dengan pasien positif.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Masyarakat diminta selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19 yang tak kunjung usai.
Pemerintah juga memperketat pemberlakuan PPKM skala mikro untuk memperkuat pencegahan dan penanganan COVID-19 di tingkat bawah.*

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Palangka Raya tambah 39 orang

Baca juga: Jumlah pasien sembuh COVID-19 di Palangka Raya capai 10.234 orang

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021