Buku saku ini membahas sejumlah topik yang sangat menarik
Jakarta (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama akan menerbitkan buku saku halal untuk meningkatkan literasi masyarakat soal jaminan produk halal (JPH).

"Buku saku ini membahas sejumlah topik yang sangat menarik. Mulai dari konsep halal dalam Islam dan sains, urgensi mengonsumsi produk halal, regulasi tentang sertifikasi halal, dukungan pemerintah terhadap sertifikasi halal," ujar Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal BPJPH A. Umar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Umar mengatakan buku saku halal disusun hasil kerja sama BPJPH Kemenag dengan Pusat Pengkajian Masyarakat dan Pendidikan Islam Nusantara (PPM-PIN) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta.

Selain berisi tentang konsep halal dan regulasi, buku saku tersebut juga menyinggung soal produk halal sebagai gaya hidup hingga bagaimana tata cara mendeteksi atau memastikan produk halal sejak dari hulu hingga hilir.

"Harapannya, buku ini dapat meningkatkan khasanah literasi halal kita, sebagai upaya kita bersama untuk terus mendorong dan menyukseskan penyelenggaraan JPH di Indonesia," kata dia.

Baca juga: Kemenag dan Prancis jajaki kerja sama jaminan produk halal

Baca juga: BPJPH akan meratifikasi sistem jaminan produk halal


Peningkatan penguasaan literasi halal di masyarakat, kata Umar, merupakan salah satu indikator penting dalam mewujudkan suksesnya penyelenggaraan JPH di Indonesia. Terlebih, cita-cita untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen produk halal dunia telah menjadi komitmen bersama.

Maka dari itu, upaya penanaman literasi perlu dilakukan secara serius bahkan sedini mungkin sebagai modal dasar untuk membangun ekosistem halal Indonesia yang kuat dan unggul di masa mendatang.

Rencananya, buku saku halal ini akan dirilis pada 7 September 2021 oleh Plt Kepala BPJPH Mastuki dan Rektor UIN Surakarta Mudofir. Peluncuran akan dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting pada jam 09.00 WIB.

Menurutnya, peserta yang ingin mengikuti acara ini dapat mendaftarkan diri melalui tautan https://bit.ly/LiterasiHalal.

Baca juga: Sertifikasi semakin memperkuat rantai nilai halal

Baca juga: BPJPH sambut baik terbitnya PP Jaminan Produk Halal

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021