Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak Ikatan Alumni ITB bersinergi dalam upaya peningkatan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

“Ikatan Alumni ITB diharapkan juga dapat berperan, sehingga pemulihan ekonomi nasional dapat diakselerasi pada masa pandemi COVID-19,” kata Menko Airlangga dalam Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Ikatan Alumni ITB secara daring di Jakarta, Rabu.

Menko Airlangga mengatakan dukungan dunia usaha khususnya UMKM menjadi salah satu prioritas Pemerintah. Pada 2019, UMKM berkontribusi pada PDB sebanyak 60,51 persen dan kontribusi tenaga kerja UMKM terhadap total tenaga kerja mencapai 96,92 persen. Kondisi tersebut merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia untuk meningkatkan produktivitas UMKM di tengah pandemi COVID-19.

“Harapannya, ketika UMKM bisa bangkit dan tumbuh maka akan mendorong pemulihan ekonomi nasional,” ujar Airlangga.
Baca juga: KUR BSI solusi UMKM bertahan di tengah pandemi

Guna mendorong kebangkitan UMKM, pemerintah telah melakukan berbagai relaksasi kebijakan KUR, antara lain peningkatan KUR tanpa agunan tambahan dari Rp50 juta menjadi Rp100 juta, tambahan subsidi bunga KUR sebesar 6 persen pada 2020 dan 3 persen pada 2021, penundaan pembayaran angsuran pokok KUR, perpanjangan jangka waktu dan penambahan limit KUR, serta relaksasi persyaratan administrasi.

“Relaksasi kebijakan KUR tersebut merupakan bukti keberpihakan Pemerintah kepada UMKM agar dapat pulih dan tumbuh cepat di tengah pandemi,” tutur Airlangga.

Tercatat dari Januari hingga 6 September 2021, penyaluran KUR telah terealisasi kepada 4,73 juta debitur dengan nilai mencapai Rp176,92 triliun. Capaian tersebut merupakan 69,93 persen dari target 2021 sebesar Rp253 triliun atau 62,08 persen dari target perubahan di 2021 sebesar Rp285 triliun.
Baca juga: Mentan: Realisasi KUR pertanian 60 persen, terserap Rp43,6 triliun

Selain itu, pemerintah terus mengupayakan agar KUR dapat dimanfaatkan secara luas bagi masyarakat yang menjalankan usaha produktif, termasuk usaha rintisan, untuk menumbuhkan minat kewirausahaan dan mendorong pengembangan usaha hingga naik kelas.

Melalui sinergi dengan anggota Ikatan Alumni ITB, pemerintah berharap adanya akselerasi penyaluran KUR, khususnya kepada pihak yang akan merintis usaha maupun yang sudah memiliki usaha namun sedang membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usahanya.

Kegiatan tersebut juga merupakan wujud kolaborasi pemerintah dan lembaga penyalur KUR untuk memberikan informasi dan pemahaman KUR agar penyalurannya dapat dioptimalkan, sekaligus upaya untuk mendorong masyarakat agar dapat bangkit dalam masa pandemi COVID-19 melalui pembiayaan usaha sehingga dapat memperkuat aktivitas ekonominya.

Baca juga: Airlangga targetkan porsi kredit UMKM capai Rp2.400 triliun pada 2024
Baca juga: Menko Airlangga: Penyaluran KUR kian membaik, capai Rp148,08 triliun


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2021