Jakarta (ANTARA) - Aktor sekaligus penyanyi Iqbaal Ramadhan mengajak kaum muda, terutama Gen Z, untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi sampah plastik sekali pakai.

Iqbaal mengatakan, saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan orang-orang agar tidak mengotori bumi. Menurutnya, hal yang paling mudah dilakukan untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan membawa botol minum sendiri.

"Itu sesuatu yang gampang sekali. Saya rasa semua orang punya botol. Bahkan kalau bawa tempat makan sendiri buat take away itu udah next level," kata Iqbaal dalam acara virtual yang digelar The Body Shop, Selasa.

Selain itu, Iqbaal juga menyarankan untuk selalu membawa tote bag atau tas belanja sendiri dan mulai berbelanja baju bekas.

"Kemana-mana bawa tote bag sendiri, kemudian bisa juga dengan mulai pakai barang second hand. Saya kebetulan suka thrift shopping yang saya suka dan saya rasa itu bisa mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan," ujar Iqbaal.

Menurut Iqbaal, para generasi muda harus punya komitmen untuk meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan agar tidak mewariskan kerusakan pada generasi mendatang.

"Komitmen untuk melakukan sesuatu yang baik untuk bumi melalui aktivitas sekecil apapun itu," katanya.

"Penting sekali, bukan cuma untuk sadar apa yang terjadi saat ini, tapi juga sadar terhadap pilihan yang bisa kita lakukan. Kita harus jaga apa yang kita punya sekarang untuk generasi setelah kita," lanjutnya.

Iqbaal juga mengaku senang karena The Body Shop kini sudah menyediakan refill station dan melakukan kampanye #KerenTanpaNyampah dalam program "Bring Back Our Bottles" sehingga kaum muda dapat merawat diri dan merawat lingkungan secara bersamaan.

"Ini keren banget sih. Setelah pakai produk The Body Shop bisa balik lagi untuk refill atau dibalikin untuk didaur ulang jadi barang lain. Ini bisa menambah pilihan buat teman-teman yang ingin mengurangi sampah di kehidupan sehari-hari," pungkas Iqbaal.

Baca juga: Svmmerdose tampil dalam Mola Chill Fridays

Baca juga: "Ali & Ratu Ratu Queens", sebuah pencarian tentang arti keluarga

Baca juga: Iqbaal Ramadhan dan Aurora Ribero bahas persahabatan di film baru

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021