Kami selalu mengingatkan seluruh pengembang memenuhi persyaratan pembangunan resapan air
Lebak (ANTARA) -
Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kabupaten Lebak, Banten, mengingatkan pengembang perumahan memenuhi ketentuan membangun infrastruktur resapan air guna mencegah banjir di daerah itu.
 
"Kami selalu mengingatkan seluruh pengembang memenuhi persyaratan pembangunan resapan air," kata Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (PPLH) DLH Kabupaten Lebak, Dasep Novian di Lebak, Kamis.
 
Banjir di pemukiman terutama di Rangkasbitung dan sekitarnya belum lama ini cukup parah mengakibatkan ribuan rumah terendam banjir.

Baca juga: Ruas jalan di Rangkasbitung terendam banjir
 
Penyebab banjir tersebut akibat kerusakan alam di kawasan hulu dengan pesatnya pembangunan. Kawasan hulu kini menjadi daerah terbuka karena sudah banyak pembangunan perumahan sehingga tidak ada lagi penyerapan air.
 
Sebelumnya, kata dia, air hujan terserap ke dalam tanah karena banyak pepohonan yang hijau sehingga tidak menimbulkan banjir hingga ke kawasan hilir.

Namun, kini hujan deras selama dua jam bisa mengakibatkan pemukiman kebanjiran. 

Baca juga: Warga Lebak bersihkan rumah akibat terendam banjir
 
Karena itu, pihaknya meminta pengembang perumahan wajib mengisi dokumen infrastruktur resapan air di antaranya membuat lubang biopori, penghijauan pepohonan, sumur dan embung.
 
"Kami berharap dengan adanya penyerapan air dapat mencegah banjir di pemukiman," kata Dasep.

Baca juga: BPBD Lebak sebut 16 kecamatan langganan banjir
 
Menurut dia, saat ini, pembangunan infrastruktur serapan tentu menjadikan syarat yang harus dipenuhi pengembang.
 
Mereka pengembang hanya mengisi dokumen persyaratan penyerapan air guna mencegah banjir. Pembangunan infrastruktur itu disesuaikan dengan areal pengembangan perumahan tersebut.
 
"Kami yakin tidak ada lagi banjir jika serapan air dibangun," katanya.

Baca juga: 1.273 rumah warga terdampak banjir di Lebak
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021