Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi gelombang tinggi mencapai empat meter beberapa hari ke depan terjadi di perairan Sumut-Aceh.

"Waspadai gelombang 2,5 hingga empat meter di Samudera Hindia barat, baik di Sumut maupun Aceh," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Medan, Sugiyono di Medan, Rabu.

Selain itu, kata dia, gelombang dengan ketinggian 1,5 sampai 3,5 meter diperkirakan juga melanda perairan utara Sabang, Selat Malaka dan timur Pulau Simeuleu, Aceh.

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi hujan sebabkan banjir di Sumut
Baca juga: BMKG: Sejumlah daerah di Indonesia berpotensi hujan lebat


Ia melanjutkan, mulai dari perairan timur Pulau Simeuleu hingga Kepulauan Nias di Sumut, lalu barat Simeuleu sampai Kepulauan Mentawai di Sumbar dan Samudera Hindia barat Sumatera.

"Gelombang tinggi ini akibat angin di wilayah perairan Sumatera bagian utara bertiup dari arah timur hingga barat dengan kecepatan sampai 15 knot," terangnya.

Ia meminta agar transportasi di laut memperhatikan risiko keselamatan pelayaran, seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, kapal kargo dan lain sebagainya.

"Kita juga mohon supaya masyarakat yang tinggal, dan beraktivitas di pesisir pantai mewaspadai  gelombang tinggi ini," jelas Sugiyono.

Baca juga: BMKG Juanda waspadai bencana hidrometeorologi di sejumlah daerah
Baca juga: BMKG: Waspadai potensi bencana hidrometeorologi di Jateng selatan

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021