Pemprov Sumbar beri hadiah kafilah STQ berangkat haji dan ruko

Pemprov Sumbar beri hadiah kafilah STQ berangkat haji dan ruko

Gubernur Sumbar Mahyeldi (dua dari kiri) menerima kedatangan peraih juara I STQ Nasional cabang tafsir bahasa arab Rusydi Haris (dua dari kanan) didamping Kepala Biro Kesra Sumbar Syaifullah (kanan) dan Ketua Harian LPTQ Sumbar M Ridho Nur (kiri) (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan hadiah berupa berangkat haji ke Tanah Suci dan ruko kepada Rusydi Haris Dwiputra, yang meraih juara pertama pada ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI 2021, tafsir Alquran cabang bahasa Arab di Maluku Utara.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh kafilah Sumbar yang telah kembali dan meraih peringkat 10 dari 34 provinsi. Sesuai komitmen kami, bagi juara satu mendapatkan hadiah haji dan ruko sebagai bentuk apresiasi", kata Gubernur Sumbar Mahyeldi usai menerima kedatangan perwakilan kafilah bersama Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar Syaifullah, ketua kontingen dan Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Sumbar M Ridho Nur di Padang, Senin.

Baca juga: Wagub Sumatera Barat motivasi kafilah Sumbar di STQ 2021 di Sofifi

Baca juga: Kafilah STQN Sumbar rampungkan persiapan jelang laga di Maluku Utara


Menurut dia, tafsir Alquran bahasa Arab merupakan cabang paling bergengsi, karena peserta harus hafal Alquran 30 juz, menguasai bahasa Arab aktif dan menguasai kitab tafsir dan memiliki wawasan yang kuat seputar Alquran.

Ia memastikan setelah ini Rusydi akan mewakili Indonesia untuk tampil di ajang serupa di tingkat internasional, karena biasanya pemuncak STQ akan dikirim mewakili negara untuk bertanding di luar negeri.

"Sesuai dengan komitmen saya, Rusydi akan didaftarkan haji, kemudian menjadi imam di Masjid Raya Sumbar untuk melakukan pembinaan serta diberikan rumah dan toko," kata dia.

Selain itu, kata Mahyeldi, pihaknya akan memfasilitasi pendidikan Rusydi hingga ke jenjang S2 dan S3 di Madinah. "Kita akan persiapkan menjadi ulama dan ahli tafsir dengan pendidikan yang lebih baik," kata dia.

Ia menilai dengan prestasi ini menunjukkan putra putri Sumbar mampu bersaing di tingkat nasional dan ada banyak potensi untuk itu. "Berdasarkan sejarah banyak ulama yang lahir di Sumbar dan akan terus dilakukan kaderisasi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Pemprov Sumbar Syaifullah menyampaikan Kafilah Sumatera Barat berhasil meraih peringkat 10 dari 34 provinsi yang berlomba pada ajang STQ Nasional XXVI 2021.

Pada ajang STQ Nasional XXVI, kafilah Sumbar meraih juara I pada cabang tafsir Alquran cabang bahasa Arab atas nama Rusydi Haris Dwiputra.

Baca juga: Kafilah Sumbar targetkan lima besar di STQ Nasional 2021 Maluku Utara

Kemudia,  juara harapan 2 pada cabang tilawah dewasa putra atas nama Dasrizal, juara harapan 3 pada cabang hifzhil 5 juz putri atas nama Fathiyah Arafah Afsyah, juara harapan 1 pada cabang tafsir bahasa Arab putri atas nama Fithri Mardiyah.

Rusydi Harismengaku bersyukur atas prestasi yang dicapainya. Lahir di Solok pada 28 Juni 2000, saat ini ia tercatat sebagai mahasiswa semester III Sastra Arab Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

Sosok yang hafal Alquran 30 juz sejak SMP tersebut menempuh pendidikan SD di Solok, Darul Hufaz dan melanjutkan ke MAN 1 Solok.

Sebelumnya Rusydi pernah mengikuti ajang tilawah lomba tahfiz 10 juz di Jakarta dan tanfidz 20 juz di Kalimantan

Anak kedua dari 10 bersaudara itu sejak awal optimistis bisa meraih kemenangan kendati tidak mematok target. "Kalau pasang target akan jadi beban," ujarnya.
Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021