Jakarta (ANTARA) -
DPP Garda Pemuda NasDem mengarahkan seluruh dewan perwakilan wilayah (DPW) di seluruh Indonesia untuk menggelar Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Darah dan Plasma (PSP Berdema) jilid II secara serentak dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda.
 
"Kami berharap momentum Hari Sumpah Pemuda tahun ini sebagai ajang untuk generasi muda dalam mengaktualisasikan dirinya, memberikan kontribusi nyata di bidang kemanusiaan untuk bangsa dan masyarakat Indonesia yang masih berjuang untuk keluar dari pandemi COVID-19," kata Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh, dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat.
 
Anggota Komisi I DPR RI ini berharap gerakan ini tidak hanya untuk generasi muda Indonesia, tetapi juga masyarakat Indonesia seluas-luasnya.
 
"Generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Masa depan Indonesia ada di tangan mereka. Untuk itu, sudah selayaknya menjadikan momen Sumpah Pemuda ini spesial dengan menyukseskan PSP Berdema II di Indonesia," kata Prananda.
 
PSP Berdema II ini merupakan kelanjutan kegiatan kemanusiaan PSP Berdema I yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia beberapa hari lalu.
 
Kegiatan PSP Berdema ini bertujuan untuk membantu PMI dan masyarakat Indonesia, khususnya yang memerlukan donor darah dan plasma. Sejak pandemi COVID-19 melanda terjadi penurunan jumlah donor darah yang signifikan, sedangkan kebutuhan akan donor darah tetap tinggi.
 
Demikian pula, pada ketersediaan donor plasma konvalesen, hanya sekitar 1 persen dari kebutuhan.
 
Pada kegiatan PSP Berdema I, GP NasDem berhasil mengumpulkan sekitar 2.451 kantong darah merah dan sekitar 237 kantong plasma konvalesen dari 30 DPW yang tersebar di penjuru Indonesia.
 
Koordinator Nasional PSP Berdema, Duwi Pratiwi, menyebutkan bahwa pada PSP Berdema II ini, GP NasDem bisa lebih melibatkan banyak warga dan pemuda/pemudi Indonesia untuk berpartisipasi bersama menjadi pahlawan bangsa dengan ikut serta berdonor darah atau plasma konvalesen.
 
"Dengan makin banyak peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan kemanusiaan ini, makin luas pula manfaat yang dapat diterima oleh mereka saudara-saudara kita yang membutuhkan donor darah dan plasma konvalesen ini," kata Duwi.
 
PSP Berdema II ini diselenggarakan di 30 provinsi di Indonesia, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Berikutnya, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Papua Barat.

Baca juga: Garda Pemuda NasDem bersama Santri berkomitmen kawal Pancasila

Baca juga: Garda Pemuda NasDem: PSP Bervaksin kedepankan sisi kemanusiaan

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021