Saya tadi sudah memberikan arahan dan teknisnya, agar ada solusi jangka pendek kaitan macet.
Cibinong, Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat mencatat sembilan titik yang menjadi biang kemacetan di kawasan barat Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Saya tadi sudah memberikan arahan dan teknisnya, agar ada solusi jangka pendek kaitan macet," ujar Bupati Bogor Ade Yasin, usai rapat koordinasi penanganan kemacetan Jalur Dramaga-Leuwiliang, di Cibinong, Bogor, Selasa.

Menurutnya, sembilan titik kemacetan tersebut, yaitu Jalan Lingkar Dramaga, Warung Borong Ciampea, Pertigaan Cihideung Ilir, Pertigaan Situ Daun, Cinangneng, Pertigaan Cikampak, Simpang Cibatok, Simpang Cibungbulang, dan Pasar Leuwiliang.

Ade Yasin menyebutkan, Pemkab Bogor menyusun konsep untuk menangani kemacetan di wilayah sebelah barat, mulai dari penanganan jangka pendek hingga jangka panjang.

"Kami siapkan beberapa skenario penanganan kemacetan, mulai dari memberlakukan jam operasional truk besar, hingga pembukaan jalan baru," kata Ade Yasin.

Anggota Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor Gus Udin menyebutkan bahwa langkah awal pembukaan jalur di wilayah barat dimulai dengan melanjutkan Jalur Lingkar Dramaga.

Ia menerangkan, Jalur Lingkar Dramaga Sesi II akan tersambung mulai dari Dramaga hingga Cikampak. Selain itu, Pemkab Bogor juga akan mem­percepat pembangunan Jalan Rancabungur ke Galuga.

“Jadi, nanti masyarakat atau pengguna jalan dari Leuwi­liang atau Leuwisadeng tak perlu lewat Cibungbulang, melainkan bisa langsung lewat akses Galuga ke Ran­cabungur,” kata Gus Udin yang bernama lengkap Saepudin Muhtar itu pula.

Kemudian, penanganan kemacetan jangka pendek di wilayah barat dilakukan dengan pemberlakuan jam operasional truk-truk besar seperti yang sudah berlaku di jalur utara.

“Kami akan membatasi jam operasional, seperti yang ada di Gunungsindur yang diber­lakukan untuk truk besar. Pemkab juga akan me­nempatkan petugas di titik keluar masuknya kendaraan. Itu untuk jangka pendeknya,” kata Gus Udin.
Baca juga: Pemkab Cianjur dan Bogor dorong pembangunan jalur Puncak II
Baca juga: Mengimpikan Jalur Puncak II bangkitkan kejayaan ekonomi Bogor-Cianjur

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021