Meulaboh (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat memastikan hampir dua bulan sejak Desember 2021 hingga menjelang pertengahan Januari 2022, Kabupaten Aceh Barat, tidak ditemukan kasus COVID-19 atau nihil COVID-19.

“Alhamdulillah, ini merupakan sesuatu hal yang sangat menggembirakan, karena lebih dari 45 hari Aceh Barat sudah nihil kasus COVID-19,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat Adlin di Meulaboh, Kamis.

Menurutnya, berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, saat ini jumlah masyarakat yang berstatus orang dalam pantauan (ODP) dan dirawat juga belum ditemukan.

Adlin menjelaskan sejak awal pandemi pada tahun 2020 lalu, jumlah warga di Kabupaten Aceh Barat yang terkonfirmasi positif COVID-19 hingga akhir November 2021 lalu mencapai sebanyak 1.020 orang.

Baca juga: Dinkes catat 71.450 warga Aceh Barat sudah jalani vaksinasi COVID-19

Baca juga: IDI: Pelayanan vaksinasi bagi masyarakat di Abdya Aceh tetap berjalan


Sedangkan jumlah pasien atau warga yang sembuh dari COVID-19 di Kabupaten Aceh Barat mencapai sebanyak 954 orang, dan sebanyak 66 orang diantaranya meninggal dunia.

Adlin menjelaskan salah satu indikator tidak ditemukannya kasus baru COVID-19 di Aceh Barat, karena hingga saat ini jumlah masyarakat di Aceh Barat yang divaksinasi COVID-19.

Data yang diperoleh ANTARA, masyarakat Aceh Barat yang sudah divaksinasi COVID-19 dosis pertama sudah mencapai 105.615 jiwa, dari total sasaran sebanyak 155.150 jiwa.

Sementara warga yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua sudah mencapai sebanyak 39.228 orang, dan jumlah ini dipastikan dari total sasaran warga yang harus mendapatkan vaksinasi sebanyak 155.150 jiwa di seluruh Kabupaten Aceh Barat.

Meski saat ini tidak ditemukan kasus COVID-19, Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat mengimbau kepada masyarakat agar tidak lengah dan senantiasa waspada, dan selalu menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di ruang publik, demikian Adlin.*

Baca juga: Bupati: Mahasiswi lumpuh di Aceh Barat tidak terkait vaksin COVID-19

Baca juga: Tak miliki penyimpanan, Dinkes Aceh Barat tunda bantuan vaksin Moderna

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022