Jakarta (ANTARA) - Pekan ini pemerintah mulai melaksanakan vaksinasi penguat pada warga yang sudah dua kali mendapat suntikan vaksin COVID-19, kasus infeksi virus SARS-CoV-2 varian Omicron bertambah, dan gempa terjadi di wilayah Provinsi Banten.

Ada juga warta mengenai penghentian penutupan pintu masuk ke wilayah Indonesia bagi warga negara asing (WNA) dari 14 negara dan biaya layanan perjalanan umrah yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Pemerintah mulai melaksanakan vaksinasi penguat

Pemerintah pada 12 Januari 2022 mulai memberikan suntikan tambahan dosis vaksin COVID-19 pada warga yang telah selesai menjalani vaksinasi dosis kedua dalam upaya memperkuat ketahanan tubuh warga terhadap serangan virus corona dan varian-variannya. Pemerintah menyediakan layanan vaksinasi penguat secara gratis namun tidak mewajibkan seluruh warga menjalaninya. Produk vaksin yang sudah mendapat izin penggunaan darurat untuk vaksinasi penguat yakni CoronaVac produksi PT Bio Farma, Pfizer, AstraZeneca, Moderna dan Zifivax.

Gempa yang terjadi di selatan Banten merusak rumah-rumah warga

Gempa tektonik dengan magnitudo 6,6 yang terjadi di selatan Banten pada 14 Januari 2022 pukul 16.05 WIB menyebabkan 1.699 rumah rusak di wilayah Kabupaten Pandeglang. Gempa bumi yang pusatnya berada di laut sekira 132 km arah barat daya Pandeglang pada kedalaman 40 km itu getarannya juga terasa di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.​​​​​​​

Kasus infeksi Omicron bertambah jadi 572

Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa kasus infeksi virus SARS-CoV-2 varian Omicron di Indonesia pada 12 Januari 2022 bertambah menjadi 572 kasus. Sebanyak 276 orang yang terserang Omicron sudah selesai menjalani karantina dan 296 orang lainnya masih menjalani isolasi. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mengemukakan bahwa penularan Omicron di Indonesia diperkirakan memuncak pada awal Februari 2022 berdasarkan pola penularan varian virus tersebut di negara lain.​​​​​​​​​​​​​​

Pemerintah cabut larangan kedatangan WNA dari 14 negara

Pemerintah mencabut larangan masuk bagi warga negara asing (WNA) dari 14 negara setelah mempertimbangkan kondisi transmisi virus SARS-CoV-2 varian Omicron di tingkat komunitas dan langkah-langkah mitigasi yang dijalankan.

Biaya umrah paling murah Rp32 juta

Ketua Umum Serikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (Sapuhi) Syam Resfiadi mengatakan bahwa biaya pelayanan perjalanan untuk menunaikan ibadah umrah ke Arab Saudi pada masa pandemi COVID-19 paling murah sekitar Rp32 juta.

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022