Ada penambahan jumlah penonton MotoGP dari 65 ribu menjadi 100 ribu
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Pariwisata Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah menyetujui penambahan jumlah penonton ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika menjadi sebanyak 100 ribu penonton.

"Ada penambahan jumlah penonton MotoGP dari 65 ribu menjadi 100 ribu," kata Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah, H Lendek Jayadi di Praya, Rabu.

Oleh sebab itu, pihaknya telah mengusulkan beberapa alternatif akomodasi penginapan dalam rangka mendukung penyelenggaraan ajang balap motor tersebut.

"Untuk akomodasi alternatif penginapan telah kita usulkan juga kepada pemerintah pusat," katanya.

Ia mengatakan beberapa alternatif penginapan yang diusulkan tersebut di antaranya bumi perkemahan (camping ground), pemanfaatan fasilitas gedung pemerintah dan beberapa sekolah serta rumah warga yang layak untuk dijadikan tempat penginapan.

"Intinya kita akan upayakan secara maksimal, bagaimana penonton yang datang itu bisa menginap di Lombok Tengah," katanya.

Baca juga: Desa Wisata Melon di Lombok Barat siap menampung penonton MotoGP

Baca juga: Fasilitas karantina bagi penonton MotoGP Sirkuit Mandalika disiapkan


Disebutkan bahwa beberapa opsi tempat penginapan yang diusulkan cukup realistis, karena hal serupa pernah dilakukan saat penyelenggaraan beberapa ajang nasional yang dilaksanakan di Lombok Tengah sebelumnya.

"Usulan itu kita telah sampaikan saat rapat, dan kita masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat," kata Lendek Jayadi .

Sementara itu berdasarkan rilis resmi dari Dorna Sport disebutkan bahwa  Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi balap tes pra musim MotoGP tanggal 11-13 Februari 2022 setelah balapan di Sirkuit Sepang Malaysia.

Selanjutnya Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah balap MotoGP seri kedua pada tanggal 18-20 Maret mendatang.

Selain itu, pada bulan November Sirkuit Mandalika kembali menggelar ajang Wolrd Superbike dan Idemitsu Asia Talent Cup (​​​​​IATC).

Baca juga: Bumi Perkemahan diusulkan untuk alternatif akomodasi penonton MotoGP

Baca juga: NTB siapkan gedung pemerintah tampung penonton MotoGP Mandalika

Baca juga: MGPA: Kualitas kursi penonton Sirkuit Mandalika setara sirkuit F1

Baca juga: 2.000 kamar hotel di Lombok Barat dipesan penonton MotoGP

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022