Denpasar (ANTARA) -
Kepolisian Daerah Bali terus meningkatkan fungsi bidang hubungan masyarakat untuk menunjang informasi penting terkait pengamanan KTT G20 pada 15-16 November mendatang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali, Komisaris Besar Polisi Stefanus Setianto, di Denpasar, Bali, Kamis, menyatakan, humas merupakan bidang yang berperan memberikan informasi kepada publik dengan menjalin komunikasi dan kerja sama dengan publik, serta pihak-pihak terkait seperti media cetak maupun media online.

Baca juga: Airlangga puji C20 berhasil capai konsensus dan keluarkan komunike
 
Terkait penyelenggaraan ajang bertaraf internasional KTT G20 di Bali, kata dia, Humas Polda di bawah komando Mabes Polri berperan sebagai ujung tombak menyampaikan informasi terkait pengamanan tempat acara dan para perwakilan negara anggota G20 baik sebelum maupun sesudah puncak KTT G20, maupun juga ketertiban dan keamanan masyarakat dengan informasi yang berkualitas, kredibel dan objektif.
 
"Peran Humas Polda Bali bagi instansi yaitu untuk menyamakan persepsi, serta menyatukan visi dan misi Humas sebagai corong informasi institusi Polri," kata dia. Humas Polri juga memiliki peran utama dalam membangun persepsi masyarakat yang baik, mewujudkan Polri yang presisi (prediktif, profesional, transparansi dan berkeadilan).

Baca juga: KTT C20 berhasil capai kesepakatan soroti G20 yang masih terbelah
 
Saat ini, kata dia, Humas Polri bukan saja berperan sebagai juru bicara, melainkan juga sebagai representasi Polri yang bertugas memberikan informasi kepada masyarakat yang sifatnya baru, penting, terpercaya, berkala dan dapat dipertanggungjawabkan.
 
Kepala Bidang Humas Polda Bali yang juga berperan sebagai Kasatgas IV Banops mengatakan dalam mendukung KTT G20, Subsatgas Humas yang terlibat dalam Ops Puri Agung VIII mempunyai team untuk memerangi berbagai berita hoaks dengan mengirimkan berita yang positif, sehingga diharapkan masyarakat dapat menerima informasi yang benar.Baca juga: Menko Airlangga terima paket kebijakan dan Komunike C20



Hal itu penting selain tugas yang diemban sebagai lembaga negara, informasi dari pihak humas juga sangat membantu mendukung posisi Indonesia sebagai ketua G20 pada 2022. Dengan demikian, dunia internasional melihat kesiapan Indonesia dalam melaksanakan kegiatan pertemuan para kepala negara dan delegasi pada KTT G20.

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022