akses untuk memiliki jaminan kesehatan bukan lagi hanya menjadi kepemilikan bagi sebagian masyarakat saja
Gorontalo (ANTARA) - Biaya persalinan seorang warga Gorontalo bernama Melisa (26) dibiayai penuh oleh Program Jaminan Kesehatan (JKN) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo, Muhammad Yusrizal di Gorontalo, Selasa, mengatakan Program JKN hadir untuk seluruh lapisan masyarakat.

"Sejak hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional, akses untuk memiliki jaminan kesehatan bukan lagi hanya menjadi kepemilikan bagi sebagian masyarakat saja," ucap dia.

Hadirnya Program JKN, kata Yusrizal, turut membantu masyarakat dari semua kalangan, termasuk bagi masyarakat yang secara ekonomi tergolong tidak mampu.

Salah satunya adalah Melisa (26), dirinya menyebut Program JKN sebagai program yang sangat merakyat karena sudah dua kali merasakan proses persalinan tanpa biaya.

Baca juga: Peserta JKN mengaku puas pelayanan program dari BPJS Kesehatan

Baca juga: Warga Gorontalo rasakan manfaat jadi peserta Program JKN


Melisa yang terdaftar sebagai peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari APBD Provinsi Gorontalo itu mengatakan, Program JKN memberikan kesempatan bagi dirinya untuk bisa merasakan persalinan tanpa perasaan cemas.

Menurutnya, keinginan untuk proses persalinan yang ditangani dengan baik oleh tenaga kesehatan yang memang berkompeten bukan lagi hanya milik kalangan tertentu saja.

"Jelas, Program JKN ini sangat merakyat karena memberi kesempatan bagi masyarakat miskin seperti kami, untuk bisa merasakan manfaat layanan kesehatan secara gratis," ucap Melisa.

Ia menjelaskan sudah dua kali ia merasakan proses persalinan menggunakan kepesertaan JKN, dimana kedua nya bebas dari biaya, baik pada saat kontrol bulanan di Puskesmas, hingga dengan proses persalinan di rumah sakit.

Bahkan pada saat proses persalinan anak kedua Melisa, terdapat penyulit yang membuat dirinya harus mendapatkan induksi dan tetap untuk biaya seluruh nya ditanggung oleh Program JKN.

Melisa mengungkapkan tidak ada perbedaan dari segi pelayanan yang didapatkan dengan pasien – pasien lainnya yang menggunakan biaya pribadi.

Mulai dari pelayanan dari tenaga kesehatan, obat – obatan, dan juga fasilitas ruang rawat inap serta kamar persalinan semuanya sama atau tidak ada perbedaan.

Ia turut menyampaikan harapannya agar Program JKN yang disebutnya sebagai program yang sangat merakyat ini bisa terus hadir di tengah masyarakat.

Baca juga: Program JKN biayai penuh pengobatan anak.di Gorontalo

Baca juga: Program JKN bantu pengobatan penyakit diabates warga Gorontalo

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022