Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang, Aceh, menyebut saat ini sedang dilakukan pembangunan jembatan darurat untuk akses masyarakat menuju Tugu Kilometer Nol di daerah tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sabang Unaya Syarbini dalam Disaster Briefing diikuti daring di Jakarta, Rabu (1/2) malam, mengatakan saat ini hanya satu jembatan menuju Tugu Kilometer Nol yang terputus akibat longsor .

"Pada hari ini tim dari Jalan Banda Aceh Provinsi Aceh yang merupakan perpanjangan tangan Kementerian PUPR sudah turun ke lapangan. Sementara akan membuat jembatan jembatan darurat sehingga nanti siapa pun yang akan menuju ke wisata Kilometer Nol akan bisa terlewati," ujar dia.

Baca juga: BPBD: Akses utama wisata Iboih Sabang sudah bisa dilalui

Ia melaporkan saat ini telah dilakukan pemulihan akses listrik dan telekomunikasi di kawasan Kilometer Nol. Pemulihan pada kawasan ikon nasional tersebut diutamakan dengan perbaikan tiang-tiang listrik oleh PLN.

Aakses utama menuju kawasan wisata Iboih juga pulih dan bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat. Tiga alat berat dari Dinas PU dan masyarakat telah dikerahkan untuk membersihkan bekas longsoran.

Akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Ahad (29/1), sembilan gampong terkena banjir. Kondisi saat ini banjir sudah surut dan hanya berdampak kepada sekitar 10 KK rumah di Gampong Paya Seunara.

"Sedangkan yang lainnya, masyarakat sudah kembali ke tempat masing-masing, karena kondisi banjir di Kota Sabang mungkin karena daerah kepulauan, pegunungan, sehingga banjirnya tidak berdampak lama. Satu atau beberapa jam airnya sudah kering, sudah mengalir kembali ke sungai," ujar dia.

Baca juga: Akses utama ke wisata Sabang lumpuh total akibat belasan titik longsor
Baca juga: BPBD siagakan personel tangani bencana akibat cuaca ekstrem di Sabang

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023