Surabaya (ANTARA News) - Mayor Jenderal TNI R. Ediwan Prabowo resmi menjabat Pangdam V/Brawijaya menggantikan Mayjen TNI Murdjito dalam apel khusus di lapangan Kodam di Surabaya, Jumat.

"Jabatan ini adalah amanat dan saya akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai instruksi pimpinan," ujar Mayjen TNI Ediwan Prabowo.

Dalam waktu tidak lama lagi, kata dia, akan digelar Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur.

"Kami siap melakukan pengamanan kapan saja. Kami akan turun membantu melakukan pengamanan," ujar perwira TNI AD lulusan Akmil 1984 tersebut.

Sementara itu, Mayjen TNI Murdjito dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan merasa bangga pernah menjadi orang nomor satu di lingkungan TNI AD di Jatim.

Dukungan yang diberikan seluruh elemen masyarakat dan jajaran Pemprov Jatim, kata dia, merupakan penghargaan dan layak diapresiasi.

Murdjito yang memasuki masa pensiun itu meminta khusus kepada Gubernur Jatim Soekarwo agar tidak melepas "kewarganegaraannya" sebagai rakyat Jatim.

"Saya harap Gubernur Jatim tidak mencabut hak kewarganegaraan saya dan keluarga sebagai rakyat Jatim setelah tidak menjabat pangdam lagi," ujarnya.

Mayjen TNI R. Ediwan Prabowo kelahiran Jakarta Barat, 4 Oktober 1961.

Ia pernah bertugas ke luar negeri, seperti Korea Selatan, Brunei Darussalam, Australia, Italia, dan Amerika Serikat.
(DYT/Z003)

Pewarta: Slamet Hidayat
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013